Sukses

Sambil Safari Ramadan, Wagub Sumbar Ajak Jemaah Masjid Berdoa untuk Awak KRI Nanggala 402

Liputan6.com, Padang - Wakil Gubernur Sumatera Barat bersama Tim Safari Ramadan mengajak jemaah Masjid Nurul Iman Ujung Tanah Jorong Pandan Mardani Nagari Manggopoh Agam mendoakan gugurnya 53 prajurit terbaik TNI dalam KRI Nanggala 402.

"Kami mengajak kita semua menundukkan kepala setengah menit saja memberikan keikhlasan hati untuk bersama-sama mendoakan 53 prajurit terbaik Angkatan Laut, putra Bangsa Indonesia atas kru kapal selam KRI Nanggala 402," katanya di Agam, Minggu malam (25/4/2021), dilansir Antara.

Doa ikhlas tersebut juga diikuti Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Hargianto yang ikut dalam Tim Safari Pemprov Sumbar yang dipimpin Wakil Gubernur dalam keterangan resminya, Senin (26/4/2021).

Gugur dalam tugas menjaga kedaulatan bangsa menurutnya adalah syahid. "Mudah-mudahan keluarga yang ditinggalkan tegar menerima musibah," katanya.

Sementara itu, Laksamana Pertama TNI Hargianto mewakili TNI AL mengucapkan terima kasih atas doa yang diberikan jamaah. Ia yakin dukungan doa dari seluruh komponen bangsa akan memberikan kekuatan pada keluarga.

Sebelumnya, telah proses pencarian sejak hilang kontak pada Rabu (21/4) dini hari, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan 53 awak KRI Nanggala 402 telah gugur dalam tugas.

"Dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personel yang ada di KRI Nanggala-402 telah gugur. Prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan Utara Bali," katanya dalam jumpa pers, Minggu.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerimaan Personel TNI AL

Pada kesempatan itu, Laksamana Pertama TNI Hargianto juga menyampaikan TNI AL membuka penerimaan personel 2021 dengan pendaftaran secara daring. Pendaftaran daring (online) dibuka pada 12 April sampai 7 Mei 2021.

Pada masa pandemi COVID-19 penerimaan prajurit tetap harus dilaksanakan, tetapi perlu suatu terobosan dengan melaksanakan rekrutmen berdasarkan prosedur protokol kesehatan.

“COVID-19 bukan alasan untuk tidak bisa mencari generasi-generasi muda Indonesia yang berkualitas untuk bergabung menjadi anggota TNI AL melalui jalur penerimaan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS TNI AL," katanya.

Ia mengajak putra putri Sumbar untuk ikut serta dalam seleksi penerimaan TNI AL karena putra putri Sumbar juga telah banyak memberikan kontribusi dalam kepemimpinan di TNI AL selama ini.

Safari Ramadan adalah salah satu program Pemprov Sumbar untuk menjaring aspirasi masyarakat secara langsung di Bulan Ramadan. Aspirasi itu akan disampaikan pada pihak-pihak sesuai kewenangannya.

Dalam Safari Ramadan itu, Ketua Pengurus Masjid Nurul Iman Masri Sutan Mudo menyampaikan aspirasi masyarakat nagari Manggopoh yang saat ini membutuhkan pembangunan jalan beraspal yang panjang sekitar dua kilometer menuju lokasi masjid.

Kemudian juga pembangunan jembatan yang ada sebagai saran kelancaran tranportasi dalam membawa hasil pertanian masyarakat.

"Jika jalan bagus, jembatan bagus dan pembangunan masjid Nurul Iman segera tuntas, tentunya jemaah akan ramai beribadah dalam memakmurkan masjid ini dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Tim Safari Ramadan Wakil Gubernur Audy Joinaldy menyerahkan bantuan pembangunan Masjid berjumlah Rp20 juta dan 100 lembar kain sarung dan juga ada bantuan spontan Danlantamal II Padang berbentuk uang 200 dolar AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.