Sukses

Hari Bumi dan Semangat Konservasi Kemah Ramadan di Sigi

Peringatan Hari Bumi 2021 yang bertepatan dengan bulan Ramadan dimanfaatkan organisasi lingkungan hidup untuk menggelar kemah.

Liputan6.com, Sigi - Peringatan Hari Bumi 2021 yang bertepatan dengan bulan Ramadan dimanfaatkan organisasi lingkungan hidup dengan menggelar kemah dan penghijauan di kawasan penyangga Taman Nasional (TN) Lore Lindu.

Kemah bertema 'Gembira Bumi' untuk memperingati Hari Bumi tahun 2021 digelar organisasi Relawan Orang Alam (ROA) Sulteng di Desa Pakuli Utara, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi selama 2 hari sejak 21 April. Momentum Ramadan membuat peringatan dilaksanakan dengan berbeda.

Selama kemah, puluhan peserta yang mayoritas adalah mahasiswa menanam bibit pohon di antaranya bibit nangka dan ketapang kencana untuk penghijauan. Sore hari di kawasan hutan desa itu mereka juga menunggu waktu berbuka puasa dengan menyusuri sungai, melihat vegetasi di kawasan penyangga TN Lore Lindu itu. Pengetahuan tentang lingkungan juga dikemas dengan diskusi dan pelatihan jurnalistik mengupas isu-isu lingkungan terkini.

 

 

Meski dilaksanakan saat Ramadan, para peserta tetap menjaga puasanya. Mereka bersama-sama menyiapkan menu sahur dan berbuka di lokasi kemah.

Desa Pakuli Utara dipilih menjadi lokasi kemah dan edukasi lingkungan lantaran masuk dalam kawasan penyangga TN Lore Lindu dengan kondisi hutan yang relatif terjaga. Di kawasan itu juga terdapat area konservasi satwa endemik sulawesi, Burung Maleo.

“Kemah Hari Bumi ini ingin membangun optimisme bahwa bumi akan selalu baik-baik saja di tangan-tangan kepedulian sahabat semua sekalipun mata, telinga, tangan dan kaki bahkan seluruh anggota tubuh sahabat merasakan pedih, amarah, kesedihan, rasa sayang dan tertawa terbahak-bahak melihat bumi saat ini,” kata Direktur ROA Sulteng, Mochamad Subarkah, Kamis (22/4/2021).

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.