Sukses

Punya 6 Pengawal Pribadi, Wagub Sumbar Jadi Sorotan Publik

Pengamanan super ketat wakil gubernur Sumbar dinilai berlebihan.

Liputan6.com, Padang - Beberapa bulan setelah dilantik sebagai Wakil Gubernur Sumatera Barat, saat ini Audy Joinaldy mendapat sorotan publik karena dirinya memiliki 6 orang pengawal yang terdiri dari anggota TNI dan Polri.

Diketahui, Sumbar bukanlah daerah rawan konflik yang tidak mengharuskan pejabat mendapat pengawalan ketat. Bahkan, jumlah pengawal Audy lebih banyak dari Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Mahyeldi memiliki dua orang pengawal pribadi yang merupakan anggota Satpol-PP. Perbedaan yang mencolok antara kedua pemimpin daerah Sumbar tersebut mendapat sorotan.

Kritikan terhadap wakil gubernur juga diberikan oleh warganet di beragam media sosial. Politikus muda PPP itu dinilai terlalu berlebihan. Selain dikawal enam orang dari TNI dan Polri, juga ditambah seorang ajudan dari STPDN dan seorang sekretaris pribadi.

"Terlalu banyak gaya, kerjanya apa?" kata pemilik akun Facebook, Azita mengomentari banyaknya pengawal Audy Joinaldy itu yang ditulis Rabu (21/4/2021).

Kemudian akun Facebook Darpel Pen ketika mengomentari unggahan Rahayu Anggun menulis "Baa kok sabanyak itu bana pak (kenapa banyak sekali pak)".

Selain itu, Faldo Maldini juga menulis terkait hal ini di laman Facebooknya, Faldo menulis "Main Presiden-Presidenan" Gaya Wagub Sumbar Audy.

Konon katanya, Pak Wagub Sumbar punya enam orang pengawal yang terdiri dari personil TNI dan Polri. Tanggung sebenarnya, harusnya rekrut juga pengawal dari kejaksaan, KPK, Badan Sandi Negara, dan BPK, agar mewakili kelengkapan dari semua unsur kedinasan.

Di bulan Ramadhan ini, saya juga sarankan Bang Audy ajukan permintaan pada Kakanwil Kementerian Agama, biar kirim pengawal juga. Tidak lain dan tidak bukan, tujuannya adalah biar selamat dunia dan akhirat. Aamiin ya Rabb

Jelas, saya memang mengajarkan ikan berenang. Sudah pasti Bang Audy paham betul, bahkan lebih paham daripada saya, bahwa seorang pejabat harus dapat fasilitas pengawalan. Masa cuma kepala pemerintahan pusat yang punya Paspampres? Kepala daerah juga harus punya dong. Minimal, mendekati seperti Paspampres KW Supernya Pak Menhan Prabowo Subianto.

Sementara Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar, Rosail mengakui Wagub Sumbar Audy Joinaldy dilengkapi dengan enam pengawal itu dikarenakan kebutuhan untuk koordinasi empat instansi. 

"Itu kebutuhan Pak Wagub untuk koordinasi dengan empat instansi (AD, AU, AL, dan Polri) itu," ujar Rosail.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.