Pemungutan Suara Ulang di 3 Kabupaten, Polda Sumut Kerahkan 1.175 Personel

Oleh Reza Efendi pada 21 Apr 2021, 17:20 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 17:20 WIB
Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto
Perbesar
Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto, memimpin apel pergeseran pasukan di Lapangan KS Tubun, Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan

Liputan6.com, Medan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengerahkan 1.175 personel untuk pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 kabupaten, yaitu Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel), dan Mandailing Natal (Madina).

Ribuan personel kepolisian tersebut sebelumnya mengikuti apel pergeseran pasukan di Lapangan KS Tubun, Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Selasa, 20 April 2021. Apel dipimpin Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto.

"Sebanyak 1.175 personel dari Brimoddasu, Sabhara, Intelijen, Reserse, Polres Labuhanbatu, dan Madina. Di-back up TNI dari Kodam I BB," kata Dadang, Rabu (21/4/2021).

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi menjelaskan, sesuai jadwal yang ditentukan Mahkamah Konstitusi (MK), PSU nantinya digelar 24 April 2021. Personel BKO Brimob dan Sabhara yang melaksanakan pengamanan dibekali berbagai perlengkapan Penanggulangan Huru-Hara (PHH), water canon dan lain sebagainya.

"Tidak ada personel yang membawa senjata api maupun senjata tajam," ungkapnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Atensi Polda Sumut

Personel Polda Sumut
Perbesar
Pengamanan PSU nantinya dilakukan sesuai dengan SOP dan undang-undang yang berlaku

Selain mengerahkan 1.175 personel, Polda Sumut juga memberikan atensi langsung di lapangan kepada 3 wilayah yang melaksanakan PSU, yaitu dengan menempatkan Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) berpangkat Kombes.

"Total, ada 6 Kombes sebagai Pamatwil yang dikerahkan," terang Hadi.

Dalam pengamanan nantinya, dilakukan sesuai dengan SOP dan undang-undang yang berlaku. PSU di 3 kabupaten di Sumut diharapkan berjalan aman, damai, dan kondusif.

3 dari 4 halaman

Patroli Cipta Kondisi

Personel Polda Sumut
Perbesar
1.175 personel dikerahkan untuk pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 kabupaten, yaitu Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel), dan Mandailing Natal (Madina)

Menjelang PSU di Kabupaten Labuhanbatu, personel Sat Brimob Polda Sumut yang dikerahkan mulai melakukan Patroli Cipta Kondisi. Personel gabungan yang melibatkan Brimob, TNI, dan personel Polres sebelumnya melaksanakan apel konsolidasi dipimpin Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deny Kurniawan.

Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumut, Kompol Endra Budianto mengatakan, patroli dilaksanakan dalam rangka menciptakan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif jelang PSU.

"Patroli gabungan ini diharapkan dapat menciptakan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Labuhanbatu, khususnya jelang Pemungutan Suara Ulang," sebutnya.

Saat PSU nantinya ada 4 wilayah yang akan di-back up Brimob Polda Sumut di Labuhanbatu, meliputi Polsek Kampung Rakyat, Polsek Torgamba, Polsek Bilah Hilir, dan Polres Labuhanbatu.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓