Sukses

Pemungutan Suara Ulang di 3 Kabupaten, Polda Sumut Kerahkan 1.175 Personel

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengerahkan 1.175 personel untuk pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 kabupaten, yaitu Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel), dan Mandailing Natal (Madina).

Liputan6.com, Medan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengerahkan 1.175 personel untuk pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 kabupaten, yaitu Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel), dan Mandailing Natal (Madina).

Ribuan personel kepolisian tersebut sebelumnya mengikuti apel pergeseran pasukan di Lapangan KS Tubun, Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Selasa, 20 April 2021. Apel dipimpin Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto.

"Sebanyak 1.175 personel dari Brimoddasu, Sabhara, Intelijen, Reserse, Polres Labuhanbatu, dan Madina. Di-back up TNI dari Kodam I BB," kata Dadang, Rabu (21/4/2021).

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi menjelaskan, sesuai jadwal yang ditentukan Mahkamah Konstitusi (MK), PSU nantinya digelar 24 April 2021. Personel BKO Brimob dan Sabhara yang melaksanakan pengamanan dibekali berbagai perlengkapan Penanggulangan Huru-Hara (PHH), water canon dan lain sebagainya.

"Tidak ada personel yang membawa senjata api maupun senjata tajam," ungkapnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atensi Polda Sumut

Selain mengerahkan 1.175 personel, Polda Sumut juga memberikan atensi langsung di lapangan kepada 3 wilayah yang melaksanakan PSU, yaitu dengan menempatkan Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) berpangkat Kombes.

"Total, ada 6 Kombes sebagai Pamatwil yang dikerahkan," terang Hadi.

Dalam pengamanan nantinya, dilakukan sesuai dengan SOP dan undang-undang yang berlaku. PSU di 3 kabupaten di Sumut diharapkan berjalan aman, damai, dan kondusif.

3 dari 3 halaman

Patroli Cipta Kondisi

Menjelang PSU di Kabupaten Labuhanbatu, personel Sat Brimob Polda Sumut yang dikerahkan mulai melakukan Patroli Cipta Kondisi. Personel gabungan yang melibatkan Brimob, TNI, dan personel Polres sebelumnya melaksanakan apel konsolidasi dipimpin Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deny Kurniawan.

Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumut, Kompol Endra Budianto mengatakan, patroli dilaksanakan dalam rangka menciptakan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif jelang PSU.

"Patroli gabungan ini diharapkan dapat menciptakan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Labuhanbatu, khususnya jelang Pemungutan Suara Ulang," sebutnya.

Saat PSU nantinya ada 4 wilayah yang akan di-back up Brimob Polda Sumut di Labuhanbatu, meliputi Polsek Kampung Rakyat, Polsek Torgamba, Polsek Bilah Hilir, dan Polres Labuhanbatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.