Kebakaran Kafe di Jalan Martadinata Bandung, 13 Unit Damkar Dikerahkan

Oleh Huyogo Simbolon pada 19 Apr 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 11:00 WIB
Kebakaran
Perbesar
Petugas Diskar PB Kota Bandung memadamkan api yang melalap Cafe & Resto Chinook di area Hotel Riau. (Foto: Diskar Kota Bandung)

Liputan6.com, Bandung - Bangunan kafe dan resto di Jalan Martadinata, Kota Bandung, dilalap api pada Senin pagi (19/4/2021). Kepala Bidang Dinas Pencegahan Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung Yosep Heryansyah mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 05.45 WIB.

Sebanyak 13 unit mobil pemadam kebakaran dan puluhan personel dikerahkan ke lokasi guna memadamkan api.

"Lokasi Kejadian di Jalan R.E Martadinata No191, Kelurahan Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Objek yang terbakar Cafe & Resto Chinook di area Hotel Riau yang merupakan bangunan permanen," kata Yosep dalam keterangannya, Senin (19/4/2021).

Yosep menuturkan kronologi kejadian berdasarkan keterangan saksi bernama Kurnia Milar selaku pegawai hotel mencium bau kepulan asap tebal yang sudah masuk kedalam kamar dan area hotel.

"Setelah di cek api sudah membesar dan kemudian beberapa saksi yg melihat melaporkan kejadian ke Dinas Kebakaran Dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung melalui emergency call," ujarnya.

Adapun terkait penyebab kejadian hingga saat ini masih dalam penyelidikan pihak terkait. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun tujuh orang di antaranya 2 pengunjung hotel dan 5 karyawan hotel berhasil dievakuasi petugas.

Yosep menuturkan, luas keseluruhan bagunan yang terbakar yaitu 130 meter persegi. Namun kisaran kerugian masih belum bisa diperkirakan.

Sedangkan, kisaran total harga aset bangunan terselamatkan kurang lebih Rp1.595.000.000. Selain itu, penanganan kebakaran selesai pada pukul 07.00 WIB.

"Penanganan selama 1 jam 13 menit. Petugas kembali ke Mako Diskar PB Kota Bandung," tutur Yosep.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓