Sukses

Pesan Rektor Hingga Pramono Anung Saat Hadiri Kongres X Virtual Alumni ITB

Kongres X alumni ITB cukup mendapat banyak sambutan meriah baik dari internal alumni maupun sekretariat presiden

Liputan6.com, Cirebon - Kongres X Ikatan Alumni Institute Teknologi Bandung (IA ITB) mendapat berbagai dukungan positif meski digelar secara virtual.

Rektor ITB Reuni Wirahadikusumah turut hadir secara daring dan mengajak alumninya untuk menjaga nama baik almamater termasuk dengan berkontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara.

"Senat ITB telah menuangkan tujuan hubungan ITB dan alumninya juga karakter-karakter yang diharapkan dari alumni ITB yang di antaranya pengabdian dan wawasan kebangsaan yang tinggi dalam suasana kebinekaan," katanya melalui keterangah tertulis yang diterima, Sabtu (17/4/2021).

Dia mengajak para Alumni ITB agar maju bersama menebar keharmonisan, kompak dan bersama menghadapi masa sulit Covid-19.

Pelaksanaan Kongres Nasional X dan Pemilihan Ketua Umum Ikatan Alumni ITB 2021 mendapat dukungan dari Sekretaris Kabinet Pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin, Pramono Anung.

Pramono yang juga alumni ITB mengajak seluruh alumni ITB untuk berpartisipasi aktif dalam pemilihan ketua IA ITB periode 2021-2026 meski di tengah pandemi covid-19.

Dia mengapresiasi kongres Alumni ITB tersebut karena alumni bisa tetap memilih karena berbasis internet.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Nasional

"Jarak, waktu, ruang tak bisa memisahkan kita sebagai alumni, tetap bisa berdemokrasi, bisa memilih siapa yang terbaik untuk memimpin," katanya.

Pramono menjelaskan, penggunaan sistem i-voting dalam pemilihan ketua umum IA ITB semakin menegaskan keberadaan kampus sebagai salah satu kampus yang mengutamakan teknologi.

Dengan penggunaan teknologi, menurutnya akan meningkatkan angka partisipasi pemilih dalam setiap ajang demokrasi.

"Kita sudah sangat dewasa dalam berdemokrasi," katanya.

Sementara itu, di hadapan peserta kongres yang hadir secara hybrid, Ketua Umum IA ITB periode 2016-2021, Ridwan Djamaluddin, menyampaikan banyak kegiatan yang sudah dilakukan pengurus IA ITB pada masa kepemimpinannya.

Seperti kunjungan ke Presiden Joko Widodo dan turut berperan aktif dalam pembangunan nasional.

"Kami juga mendukung reindustrialisasi mengawal produk teknologi anak bangsa lewat ajang Indonesian is Me Summit," katanya.

Selain itu, Ridwan mengklaim organisasi yang dipimpinnya aktif dalam inovasi dan penguasaan teknologi seperti dengan menyelenggarakan I-tech forum.

Ridwan mengklaim alumni turut aktif dalam kegiatan sosial seperti donor darah, dan membantu korban bencana.

"Kami juga menggelar latihan kepemimpinan berwawasan kebangsaan Lemhanas. Juga menggerakan sinergi muda alumni ITB, kolaborasi global dengan alumni MIT dan turut menginisiasi pembentukan Komisariat IA Brussel dan dua komisariat lainnya di Eropa," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.