Sukses

Warga Padang, Ini Besaran Zakat Fitrah yang Mesti Dibayarkan

Zakat fitrah biasanya dibayarkan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Padang - Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang memiliki kelebihan rezeki atau bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba. Besaran zakat fitrah juga sudah ditentukan dan disesuaikan dengan harga beras di daerah masing-masing.

Di Kota Padang Sumatera Barat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menetapkan besaran zakat fitrah yang akan dibayarkan oleh umat Islam.

Kepala Pelaksana Baznas Kota Padang Sintaro Abe mengatakan penetapan besaran zakat fitrah ini, bertujuan untuk penyeragaman besaran zakat fitrah yang akan dibayarkan umat Islam.

Menurutnya, besaran pembayaran zakat fitrah berdasarkan jenis beras yang dimakan oleh masyarakat sehari-hari.

"Kita telah menetapkan 4 besaran zakat fitrah berdasarkan jenis beras yang dimakan," katanya, Sabtu (17/4/2021).

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Beras untuk Zakat Fitrah

Adapun 4 besaran zakat fitrah yang ditetapkan tersebut, yakni beras jenis Solok atau Sokan dengan harga Rp16 ribu per kilogram, maka zakat fitrahnya Rp40 ribu per orang.

Beras Anak Daro Rp14 ribu per kilogram, zakat fitrahnya Rp35 ribu. Beras IR 42 Rp13 ribu per kilogram, zakatnya Rp32.500 dan beras Dolok atau Bulog Rp11 ribu per kilogram, zakatnya Rp27.500 per orang.

"Semoga ini bisa menjadi pedoman bagi masyarakat yang akan menunaikan kewajibannya untuk membayar zakat fitrah," ujarnya.

Selain menetapkan besaran zakat fitrah, Baznas Padang juga menetapkan besaran zakat fidyah yakni Rp20 ribu per hari.

"Semoga Ramadan ini kita semua mendapat keberkahan dan bisa berbagi untuk sesama," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.