Sukses

Sempat Raib, Perabotan Rumah Dinas Wali Kota Sibolga Dikabarkan Tiba-tiba Kembali

Kabar hilangnya Barang Milik Daerah (BMD) berupa perabotan yang sebelumnya berada di rumah dinas Wali Kota Sibolga sempat membuat heboh. Perabotan yang raib seperti sofa tamu, meja, lemari, dan tempat tidur.

Liputan6.com, Sibolga Kabar raibnya Barang Milik Daerah (BMD) berupa perabotan yang sebelumnya berada di rumah dinas Wali Kota Sibolga sempat membuat heboh. Perabotan yang raib seperti sofa tamu, meja, lemari, dan tempat tidur.

Sejumlah media sempat dibawa untuk meliput raibnya perabotan di rumah dinas Wali Kota Sibolga pada 6 April 2021. Saat itu, Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sibolga, Yusuf Batubara, memaparkan kepada media.

Bahkan, Sekda Yusuf sempat menyebutkan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah melaporkan adanya kerugian negara sebesar Rp 589 juta akibat hilangnya BMD rumah dinas Wali Kota Sibolga tersebut.

Namun belakangan, muncul rekaman video yang memperlihatkan BMD berupa perabot tetap berada di rumah dinas Wali Kota Sibolga. Video tersebar di media sosial Facebook. Informasi diperoleh, video direkam 8 April 2021.

Dalam rekaman video memperlihatkan perabot berupa sofa, meja, dan lemari tampak berada di rumah dinas Wali Kota Sibolga. Sofa dan meja tamu tampak tersusun rapi di ruang tamu,begitu juga perabot lainnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekaman Video

Rekaman video turut membeberkan informasi kronologi kejanggalan hilangnya perabot. Dimulai dari penyerahan kunci rumah dinas dari mantan Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutahuruk, kepada Kepala Bagian (Kabag) Umum, lalu barang-barang hilang hingga dikabarkan muncul kembali.

Terkait rekaman video tersebut, Kabag Umum dan Kabag Aset Kota Sibolga mengaku tidak mengetahui secara rinci perihal BMD di rumah dinas Wali Kota Sibolga. Kabag Umum Pemko Sibolga, Karim mengatakan, barang tersebut tidak berada di tempatnya.

"Kalau hilang, enggak. Tidak di tempat. Setahu saya, kemarin saya belum menjabat. Memang ada serah terima kunci ke Kabag Umum yang lama, tapi hanya menitipkan untuk dikasihkan ke penitipan barang. Itu saja yang saya ketahui, saya enggak bisa berikan keterangan lebih jauh," terang Karim, ditulis Kamis (15/4/2021).

3 dari 3 halaman

Tak Mengetahui Rincian

Kabag Aset Pemko Sibolga, Klaudius, pada Raau, 14 April 2021, mengatakan, tidak mengetahui secara rinci perihal BMD tersebut. Meurutnya, sudah ada keterangan dari Sekda dan Wali Kota Sibolga di media. Hanya saja, ia tidak mengetahui rinciannya.

"Yang jelas barang itu tidak di situ. Saya tidak tahu. (Barang) tidak (ada) di situ karena hilang atau sengaja. Persisnya saya tidak tahu," ucap Klaudius.

Klaudius juga mengiyakan saat ditanya kondisi barang-barang berupa perabotan tersebut masih tidak berada di rumah dinas Wali Kota Sibolga. Namun Klaudius mengaku belum melihat rekaman video tersebut.

"Iya (menjawab pertanyaan bahwa barang masih tidak berada di tempatnya)," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.