Sukses

Angin Kencang Terjang Bandung, Pohon Tumbang Timpa Mobil dan Kios

Hujan disertai angin kencang melanda Kota Bandung, Minggu (11/4/2021).

Liputan6.com, Bandung - Hujan disertai angin kencang melanda Kota Bandung, Minggu (11/4/2021). Dampak peristiwa tersebut, sejumlah pohon tumbang di sejumlah titik hingga mengakibatkan kerusakan kendaraan dan bangunan warga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, lokasi tumbangnya pohon di Bandung pada Minggu sore terjadi di Jalan Terusan Buah Batu, Jalan Soekarno Hatta (seberang Pabrik Badjoe), Jalan Stasiun Lama Kiaracondong, Jalan Parakan 3, dan Jalan Gamelan Turangga.

Di Jalan Terusan Buah Batu, pohon tumbang menimpa truk pertamina. Dampaknya, arus Kendaraan dari arah Bojongsoang menuju Soekarno Hatta terhambat. Namun, kondisi terkini pohon sudah dibersihkan dan arus lalu lintas sudah kembali lancar.

Hujan disertai angin kencang juga melanda kawasan Stasiun Lama. Akibatnya, pohon tumbang menimpa kios dan kendaraan roda empat milik warga, serta sempat menutup akses jalan.

Pohon tumbang juga sempat menghalangi Jalan Gamelan. BPBD Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung untuk berkoordinasi dengan aparat setempat dan melakukan kaji cepat ke lokasi kejadian. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada Cuaca Ekstrem

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Yusuf Hidayat mengonfirmasi peristiwa pohon tumbang tersebut.

"Betul dan kami juga berkoordinasi dengan DPKP3," kata Yusuf, Minggu (11/4/2021).

Menurut Yusuf, Diskar PB menurunkan petugas untuk mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Gamelan dan Buah Batu. Sedangkan, sisanya oleh DPKP3.

"Ada yg ditangani oleh Diskar dan ada yang ditangani oleh dinas terkait," katanya.

Prakirawan BMKG Bandung Muhammad Iid Mujtahiddin menyatakan penyebab fenomena hujan dan angin kencang karena saat ini memasuki musim pancaroba.

"Potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang ini masih bisa terjadi di sepanjang masa transisi pancaroba," katanya.

Terkait dengan cuaca ekstrem, BMKG mengimbau masyarakat menghindari pepohonan, baliho dan bangunan kurang kokoh lainnya. Untuk kendaraan roda empat bila sedang hujan untuk tidak diparkir di bawah pohon, karena berisiko pohon tumbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.