Sukses

Gempa Magnitudo 4,1 Dirasakan di Panyabungan Sumut

Daerah Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh, diguncang gempa bumi tektonik, Jumat (9/4/2021) pukul 15.09 WIB. Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,1 magnitudo.

Liputan6.com, Medan Daerah Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh, diguncang gempa bumi tektonik, Jumat (9/4/2021) pukul 15.09 WIB. Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,1 magnitudo.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Eridawati mengatakan, episenter gempa terletak pada koordinat 3,41 Lintang Utara (LU) dan 96,90 Bujur Timur (BT).

"Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 44 Km Barat Daya, Kabupaten Aceh Barat Daya, pada kedalaman 28 Km," kata Eridawati.

Dijelaskannya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan aktivitas subduksi yang berada di bagian barat Pulau Sumatera.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Panyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara," kata Eridawati.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Gempa Susulan

Disebutkan Eridawati, hingga pukul 15.35 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak ada kejadian gempa bumi susulan.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Panyabungan

  • sumatera utara