Sukses

Angin Puting Beliung Porak-porandakan Puluhan Rumah di Deli Serdang Sumut

Puluhan rumah yang berada di Dusun I, Desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) porak-poranda diterjang angin puting beliung. Peristiwa ini terjadi pada Rabu, 7 April 2021, malam hari.

Liputan6.com, Medan Puluhan rumah yang berada di Dusun I, Desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) porak-poranda diterjang angin puting beliung. Peristiwa ini terjadi pada Rabu, 7 April 2021, malam hari.

Kepala Desa Amplas, Edi Purwanto mengatakan, selain rumah warga, puting beliung juga merusak rumah ibadah. Ada 45 rumah yang porak-poranda diterjang angin puting beliung. Sebagian besar, rumah rusak pada bagian atap.

"Kita melakukan gotong royong. Kita bantu perbaiki perlahan dengan bantuan swadaya masyarakat," kata Edi, Kamis (8/4/2021).

Dijelaskan Edi, peristiwa serupa juga pernah terjadi pada tahun 2020 silam. Rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung pada saat itu jumlahnya lebih banyak dibandingkan kali ini.

"Tahun 2021, ini yang pertama. Kalau 2020 itu ada beberapa desa yang terdampak, tidak hanya di desa ini," jelasnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan untuk Warga

Terkait peristiwa angin puting beliung, Edi mengimbau kepada masyarakat untuk membuat kontruksi bangunan lebih kokoh lagi kedepannya, mengingat lokasi tempat tinggal mereka rawan diterpa angin puting beliung.

"Kalau musibah, tentunya tidak bisa dihindari. Karena ini alam. Tidak ada korban jiwa, warga hanya kerugian material saja," Edi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.