Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok di Padang Mulai Merangkak Naik

Oleh Novia Harlina pada 08 Apr 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 08 Apr 2021, 09:00 WIB
Pedagang melayani pembeli di Pasar Raya Padang. 9Liputan6.com/ Novia Harlina)
Perbesar
Pedagang melayani pembeli di Pasar Raya Padang. (Liputan6.com/ Novia Harlina)

Liputan6.com, Padang - Menjelang masuk bulan Ramadan 2021, harga sejumlah kebutuhan pokok seperti cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih di Kota Padang, Sumatera Barat merangkak naik, meski belum signifikan.

Salah seorang pedagang di Pasar Raya Padang, Anto mengatakan saat ini harga cabai merah Rp46 ribu per kilogram atau naik Rp2 ribu dari sebelumnya Rp44 ribu.

"Pasokan cabai merah di Pasar Raya Padang itu ada yang dari Medan, Kerinci dan juga pasokan dari Sumbar atau lokal," katanya, Selasa (6/4/2021).

Kemudian cabai rawit dari harga sebelumnya Rp34 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp36 ribu kilogram. Untuk bawang putih juga naik dari Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp24 ribu per kilogram.

"Naiknya harga sejumlah bahan pokok karena berkurangnya pasokan ke para pedagang di Pasar Raya Padang," ujarnya.

Kemudian untuk harga sayuran masih stabil seperti wortel Rp10 ribu per kilogram, tomat Rp7 ribu per kilogram, dan terung ungu berkisar Rp4 ribu per kilogram.

Selain cabai dan sayuran, untuk harga telur ayam berkisar Rp13 ribu per 10 butir, telur bebek Rp67 ribu per 30 butir, dan telur ayam kampung sekitar Rp50 ribu per 30 butir.

"Untuk telur ayam biasanya kami mengambil dari Kota Pariaman dan Kabupaten Limapuluh Kota," kata salah seorang pedagang telur, Ari.

Bahan pokok lainnya seperti gula pasir yakni Rp13 ribu per kilogram dan minyak goreng curah sekitar Rp13 ribu per kilogram.

Sementara Plt Kepala Dinas Pangan Kota Padang Guswardi, mengatakan stok kebutuhan pangan di Kota Padang diperkirakan mencukupi selama Ramadan tahun 2021.

"Dari koordinasi pemerintah provinsi, kebutuhan pangan di Padang selama bulan Ramadan nanti terpantau masih mencukupi," katanya.

Guswadi menambahkan, stok pangan di Padang ini juga dipengaruhi beberapa daerah saat ini sedang musim panen padi, hotikultural, bawang, dan cabai.

 

 

 

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓