Sukses

Saat Ribuan Lansia di Pekanbaru Antusias Terima Vaksin Covid-19 Demi Herd Immunity

Ribuan warga lanjut usia di Pekanbaru antusias menerima vaksin Covid-19 yang diselenggarakan relawan Covid-19 di Riau bersama Polresta Pekanbaru.

Liputan6.com, Pekanbaru - Relawan Covid-19 di Riau memberikan vaksin kepada 5.000 warga di Pekanbaru. Bekerja sama dengan Polresta Pekanbaru, sasaran vaksinasi didominasi warga lanjut usia (lansia) yang telah mendaftar ke personel Bhabinkamtibmas.

Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi langsung memantau pemberian vaksin Covid-19 ini bersama Kapolresta Pekanbaru Komisaris Besar Nandang Mu'min Wijaya. Turut hadir Kepala Dinas Kota Pekanbaru Muhammad Noer.

Agung menjelaskan, pemerintah daerah bersama kepolisian terus mendorong vaksinasi di Riau agar mencapai target. Tujuannya menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Agar Kota Pekanbaru yang dinamis ini punya kekebalan kelompok sehingga Covid-19 tidak menyebar dan segera menghilang," kata Agung, Senin (5/1/2021).

Agung mengatakan, vaksinasi dibagi menjadi dua tempat agar tidak terjadi kerumunan. Lokasi pertama di Hotel Premier di Jalan Jenderal Sudirman, lokasi kedua di Novotel Jalan Riau.

"Vaksinasi dilakukan dua hari dan diharap tuntas dalam waktu itu," jelas Agung.

Agung berharap lansia mengikuti vaksin tidak berlama-lama di lokasi. Satu warga diharap mengikuti alur mulai dari proses screening hingga penyuntikan serta observasi tak sampai dua jam.

"Targetnya satu orang satu setengah jam di lokasi, setelah itu pulang," kata Agung.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membeludak

Pantauan di lokasi, penumpukan terjadi di meja pendaftaran, tepatnya di ruang parkir lantai dua. Para lansia mengular menunggu panitia memanggil untuk masuk ke ball room hotel atau tempat vaksin.

Sejumlah polisi di lokasi berusaha mengurai jarak antara lansia ini agar tidak menjadi celah penyebaran Covid-19. Di pintu masuk juga disediakan alat pemeriksa suhu tubuh dan pencuci tangan.

Agung menyebut anggotanya sudah berusaha mengurai antrian. Sejumlah kursi berjarak hingga dua meter disediakan untuk lansia agar tidak lama-lama berdiri.

"Penerima vaksin agar menjaga protokol kesehatan dan menjaga suasana agar tidak ramai," ucap Agung.

Selain vaksinasi massal, Agung menyebut dinas kesehatan juga membuka pendaftaran vaksin di Puskesmas. Vaksin juga bisa dilakukan di rumah sakit, termasuk Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.