Sukses

Keren, Pengantin Baru Wajib Tanam Pohon di Bonebol

Hari Hari Air Sedunia, setiap masyarakat Bonebol yang bakal menikah dan berulang tahun disarankan untuk menanam pohon.

Liputan6.com, Gorontalo - Demi menjaga kelestarian lingkungan, Bupati Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou membuat satu gebrakan baru untuk masyarakat Bonebol. Di Hari Hari Air Sedunia, setiap masyarakat Bonebol yang bakal menikah dan berulang tahun disarankan untuk menanam pohon.

Tidak hanya itu, perintah ini telah di tekankan kepada ASN agar siapa saja yang bakal menikah serta berulang tahun diwajibkan untuk menanam pohon.

“Saya sampaikan kepada para camat dan kades serta lurah untuk pengurusan izin menikah bagi pengantin diwajibkan menanam pohon dulu,” kata Hamim Pou.

Hamim menambahkan, untuk masyarakat yang ingin mendapatkan bibit tanaman maupun pohon, bisa langsung menghubungi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bonebol.

"Untuk bibit pohonnya jemput di DLH, termasuk yang mau ulang tahun, buat memori sejarah ulang tahun itu dengan menanam pohon. Dan tentunya itu sangat luar biasa," ujarnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Perlu Proyek Penaman Pohon

Menurut Hamim, dengan gerakan menanam pohon seperti ini, maka tanam pohon tidak perlu diproyekan. Apalagi di banyak pemerintahan, menanam jutaan pohon nilai proyeknya mencapai ratusan miliar.

“Kalau ini menjadi gerakan massal, betapa banyak uang yang bisa kita hemat,” katanya.

Olehnya, Pemerintah Bonebol mengajak kepada seluruh masyarakat yang mau nikah, termasuk anak muda yang mau ulang tahun agar menanam pohon sebagai penanda pernikahan maupun hari ulang tahun.

"Harapannya melalui gerakan ini agar ligkungan kita tetap lestari," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.