Puncak Arus Balik Libur Paskah, Ruas Tol Jawa Tengah Menuju Jakarta Padat

Oleh Panji Prayitno pada 04 Apr 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 04 Apr 2021, 19:00 WIB
Jalur Pantura Padat Saat Puncak Arus Balik Libur Paskah
Perbesar
Jalur Pantura Padat Saat Puncak Arus Balik Libur Paskah (Liputan6.com/Panji Prayitno)

Liputan6.com, Cirebon - Puluhan ribu kendaraan tercatat mulai memadati ruas tol menuju Jakarta. Polresta Cirebon mengalihkan kendaraan truk ke jalur Pantura Cirebon.

Pantauan di lokasi, jajaran Satlantas Polresta Cirebon dan dinas perhubungan setempat mengalihkan kendaraan truk keluar Pintu Tol Palimanan 4 Kabupaten Cirebon.

"Pengalihan arus lalu lintas untuk kendaraan sumbu tiga keatas dengan berat 14 ton keatas mulai dialihkan ke jalur pantura sejak pukul 12.00 WIB sampai besok Senin pagi," kata M. Syahduddi kepada wartawan, Minggu (4/4/2021).

Dia menjelaskan, pengalihan arus dilakukan karena terjadi arus kendaraan yang melintas di tol Jawa Tengah mulai padat. Dia mengatakan, pengalihan arus akan mengurangi volume kendaraan yang melintas ke tol Cipali.

Sehingga, saat ada pertemuan arus dari Bandung dan Cipali menuju Cikampek dan Jakarta tidak terlalu padat.

"Tujuan kami untuk mengurangi beban volume kendaraan yang akan melintas di Tol Cikampek mengarah ke Jakarta," kata dia.

Kendati demikian, Syahduddi mengatakan akan melakukan tindakan lain jika kondisi arus lalu lintas mulai normal lebih cepat dari perkiraan.

Dia menyebutkan, secara kasat mata, volume kendaraan di Tol Cipali mulai menunjukkan kepadatan. Kepadatan arus berbeda dari hari biasa.

"Data yang kami dapat sudah ada 50 ribu kendaraan yang melintas," kata dia.

Dari kondisi tersebut, M. Syahduddi memperkirakan puncak arus balik libur panjang Paskah dan akhir pekan akan terjadi malam ini. "Saat ini terlihat padat tapi masih terkendali," kata dia.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓