Sukses

Panglima TNI Pastikan Perayaan Pekan Suci Di Gereja Katedral Makassar Berlangsung Aman

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi sejumlah gereja yang ada di Kota Makassar saat perayaan Jumat Agung.

Liputan6.com, Makassar - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengunjungi sejumlah gereja yang ada di Kota Makassar pada Jumat (2/4/2021). Hadi didampingi langsung oleh Kabaintelkam Mabes Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw untuk memastikan keamanan perayaan Jumat Agung dan Hari Paskah di kota berjuluk Kota Daeng ini. 

Hadi mengatakan bahwa kunjungan ini ia lakukan demi memberikan rasa aman kepada umat kristiani yang hari ini merayakan Jumat Agung. Apalagi sebelumnya di Gereja Katedral Makassar diketahui telah terjadi aksi bom bunuh diri pada Minggu (28/3/2021). 

"Dan setelah saya melihat beberapa gereja pada sore ini semuanya sudah menggelar ibadah Jumat Agung dengan tertib dan baik," kata Hadi di depan Gereja Katedral Makassar, Jumat (2/4/2021). 

Hadi menambahkan bahwa TNI dalam hal ini membantu pihak kepolisian untuk memperkuat dan memperketat keamanan dalam rangkaian kegiatan ibadah hari paskah hingga hari Minggu 4 April 2021. 

"Untuk mengecek secara langsung gelar kekuatan yang dilaksanakan oleh Pangdam dan Kapolda Sulsel di seluruh gereja yang ada di kota Makassar untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat karena hari ini saudara-saudara kita sedang melaksanakan ibadah Jumat Agung," ucapnya. 

Meski begitu, Hadi memastikan bahwa pengamanan ini tidak hanya berlangsung hingga perayaan Pekan Suci Hari Paskah usai. Menurut dia pengamanan akan terus dilakukan demi mencegah aksi terorisme terjadi.

"Namun setelah hari Minggu kita juga tetap melaksanakan pengamanan dan deteksi dini untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan. Selain gereja kita juga akan menjaga di tempat keramaian dimana banyak lalulintas masyarakat dan juga pengamanan di obyek vital nasional. Kita bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menjaga tempat-tempat tersebut," ucap Hadi. 

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.