Sukses

Pascapenyerangan Mabes Polri, Polda Sumut Perketat Akses Keluar Masuk

Pascapenyerangan di Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri), pengamanan di Markas Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Mapolda Sumut), Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, diperketat. Sejumlah personel ditambah.

Liputan6.com, Medan Pascapenyerangan di Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri), pengamanan di Markas Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Mapolda Sumut), Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, diperketat. Sejumlah personel ditambah.

"Pengamanan lebih diperketat, khususnya pada pintu masuk dan keluar. Pada penjagaan dilakukan penambahan personel," kata Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi, Kamis (1/4/2021).

Hadi juga menyebut, Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak telah menginstruksikan seluruh Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) memperketat pengamanan di setiap Markas Komando (Mako). Begitu juga dengan pengamanan objek vital di tempat ibadah.

"Tujuannya mengantisipasi aksi teror. SOP yang sudah berjalan selama ini agar diperketat dan dilaksanakan dengan benar," sebutnya.

Sebelumnya, Rabu, 31 Maret 2021, sekitar pukul 16.15 WIB, Mabes Polri diserang. Dari video yang bererdar, suara tembakan terdengar beberapa kali. Tampak juga 1 orang tergeletak di halaman parkir. Serangan terjadi 3 hari setelah peristiwa bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar, Minggu, 29 Maret 2021.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengamanan Paskah

Disebutkan Hadi, terkait peringatan Wafat Isa Almasih, Jumat, 2April 2021, dan Paskah, Minggu, 4 April 2021, Polda Sumut mengerahkan 14 ribu personel untuk mengamankan gereja-gereja yang ada di Sumut.

"Polda Sumut berkerja sama TNI dan seluruh stakeholder, berupaya semaksimal mungkin dalam pengamanan menjelang peringatan Paskah," sebutnya.

Hadi mengungkapkan, Polda Sumut dan Kodam I/BB terus melaksanakan patroli gabungan meninjau sejumlah rumah ibadah, dan memantau situasi Kamtibmas di Kota Medan, Belawan, dan Deli Serdang. Tidak hanya jelang Paskah, juga menjelang Ramadan.

"Tujuan dari patroli bersama dapat dirasakan masyarakat saat melaksanakan ibadah maupun kegiatan masyarakat lainnya tetap aman, nyaman, dan kondusif," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Situasi Kamtibmas

Disampaikan Hadi, situasi Kamtibmas di Sumut sampai saat ini masih terpantau aman dan kondusif. Namun begitu, masyarakat diimbau tidak usah takut terhadap ancaman teror, dan tetap melaksanakan aktifitas rutin sebagaimana biasanya.

"Tetap waspada mengantisipasi aksi kejahatan. Polda Sumut juga berharap masyarakat tetap mentaati penerapan protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.