Sukses

Speedboat Dewa Sebakis Terbakar di Pelabuhan Tarakan

Sebuah speedboat dengan nama Dewa Sebakis Sakti 3 terbakar tak jauh dari dermaga Pelabuhan Tengkayu l SDF Tarakan, Kalimantan Utara.

Liputan6.com, Tarakan - Sebuah speedboat dengan nama Dewa Sebakis Sakti 3 terbakar tak jauh dari dermaga Pelabuhan Tengkayu l SDF Tarakan, Kalimantan Utara pada Minggu (28/03/2021) sekitar pukul 02.00 Wita. Beruntung speedboat terbakar ini tidak memuat penumpang. 

Sesuai jadwal speedboat warna putih dengan les biru itu, akan menjemput penumpang di dermaga keberangkatan. Kapal ini melayani rute Kota Tarakan menuju Kabupaten Nunukan. 

"Kita belum mengetahui penyebab pasti speedboat itu terbakar, kita akan selidiki lebih jauh lagi. Tapi dari kejadian ini tidak ada korban jiwa," ujar Perwira Jaga KSOP Kelas lll Tarakan M Hasim Said. 

Speedboat diketahui akan bersandar di dermaga dalam posisi mundur. Namun, tiba-tiba speedboat mengeluarkan asap. ABK pun langsung memastikan sumber asap itu dan tak berselang lama api membesar. 

"Begitu mengetahui terjadi kebakaran, ABK yang berada di speedboat langsung terjun ke laut," katanya. 

Selanjutnya, KSOP Kelas lll Tarakan akan melakukan pemanggilan terhadap nahkoda dan ABK, juga melakukan pemeriksaan terkait penyebab terjadinya kebakaran speedboat Dewa Sebakis Sakti 3 itu.

Karena kejadian tersebut, penumpang dengan tujuan Nunukan akan dialihkan menggunakan speedboat lain. 

Kejadian tersebut pertama kali dilihat Hasyim, salah satu saksi yang berada di dermaga saat peristiwa terjadi. Speedboat yang tiba-tiba mengeluarkan asap disusul dengan api, lalu kemudian meledak. 

"Speedboat baru mau kesini (dermaga) dalam posisi mundur, waktu mau sandar bunyi ledakan tapi itu belum keluar api," katanya. 

Speedboat yang diawaki oleh empat ABK, termasuk motoris itu merupakan unit baru dan belum setahun beroperasi. 

Pemadaman dilakukan dengan menurunkan sebanyak 8 mobil fire rescue, mobil suplay dibantu juga 1 unit mobil fire rescue milik PT Pertamina EP Tarakan Field.

Api baru berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan sekitar 15 menit, dengan menggunakan foam karena speedboat terbuat dari bahan fiber dan terdapat banyak minyak.

Simak juga video pilihan berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.