Sukses

TNI Buka Jalan di Pedalaman Sikka Melalui TMMD, Warga Tak Perlu Lagi Naik Kuda

Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1603/Sikka ke-110 ditandai dengan pembukaan akses jalan penghubung Desa Kloangpopot dan Desa Persiapan Pelibaler di Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Liputan6.com, Sikka - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1603/Sikka ke-110 ditandai dengan pembukaan akses jalan penghubung Desa Kloangpopot dan Desa Persiapan Pelibaler di Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Pengerjaan fisik pembukaan jalan sepanjang 3,3 Kilometer selebar 6 meter dengan tiga titik lokasi cross way ini telah mendekati tahap akhir dan saat ini telah memasuki hari yang ke-24 dan telah mencapai 97 persen. Menurut rencana, pengerjaan akan berakhir pada 31 Maret 2021,” kata Dandim 1603/Sikka, Letkol. Inf. M. Zulnalendra Utama kepada Liputan6.com, Sabtu (27/3/2021) siang.

Menurut dia, pengerjaan fisik jalan di lokasi TMMD dilaksanakan selama satu bulan oleh segenap satgas TMMD gabungan baik TNI/POLRI dan partisipasi warga masyarakat setempat. Jalur ini nantinya akan membantu mobilitas barang dan manusia di dua desa tersebut.

“Personel satgas gabungan bersama warga masyarakat yang dilandasi dengan semangat kerja sama dan gotong royong sehingga dapat berjalan dengan lancar hingga pelaksanaan akhir nantinya,” ujarnya.

Lazarus Hero, warga desa Persiapan Pelibaler, mengatakan sebelumnya, warga Dusun Kilok di Desa Persiapan Pelibaler hanya bisa berjalan di jalan kecil (setapak) untuk keluar masuk kampung sebelum akses jalan dibangun melalui TMMD ini.

Bahkan, jaraknya cukup jauh. Warga biasa berjalan kaki atau menggunakan bantuan tenaga hewan seperti kuda untuk memuat komoditas pertanian.

“Sudah puluhan tahun warga Desa Persiapan Pelibaler tidak memiliki transportasi jalan raya. Kami hanya memiliki jalan kecil yang hanya bisa dilewati dengan jalan kaki atau mengguanakan kuda untuk mengangkut barang,” sebutnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Lagi Memutas

Berkat jalan baru yang dikerjakan oleh TNI melalui TMMD, kami warga Desa Persiapan Pelibaler bisa keluar masuk kampung dengan sepeda motor dan mobil.

“Kami tidak lagi berjalan kaki dengan memutar melingkari pegunungan yang memakan waktu yang cukup lama. Kami berterima kasih kepada aparat TNI ,” ungkapnya.

Anggota DPRD Sikka, Philipus Fransiskus mengapresiasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tersebut. Baginya, kegiatan TMMD ikut mendukung tercapainya target RPJMD Kabupaten Sikka 2018-2023 yaitu Menuju Masyarakat Sikka Sejahtera 2023

“Ini jelas mendukung tema RPJMD kabupaten Sikka untuk pemenuhan hak-hak dasar masyarakat kabupaten Sikka karena wilayah tersebut selama ini tergolong wilayah yang masih terisolir dengan topografi yang sulit tetapi memiliki potensi SDA yang kaya akan tanaman komoditi perkebunan dan pertanian,” ungkap Philips, Minggu (28/2/2021).

Philips juga menambahkan sebagai anggota DPRD dari wilayah Doreng dirinya sangat berterima kasih kepada Dandim 1603 Sikka yang telah menetapkan wilayah ini sebagai sasaran kegiatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.