Sukses

Gempa Bumi Magnitudo 5,0 Getarkan Wilayah Danau Toba

Wilayah Danau Toba diguncang gempa tektonik, Sabtu (27/3/2021), pukul 15.46 WIB. Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo 5,0 kemudian diupdate menjadi magnitudo 5,2.

Liputan6.com, Samosir Wilayah Danau Toba diguncang gempa bumi tektonik, Sabtu (27/3/2021), pukul 15.46 WIB. Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo 5,0 kemudian diupdate menjadi magnitudo 5,2.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.43 LU dan 98.96 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 Kilometer (Km) arah Barat Laut Kota Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara (Sumut) pada kedalaman 137 Km.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis menengah akibat dari aktivitas subduksi," kata Bambang.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault). Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini berpotensi menimbulkan guncangan di Samosir I-II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," sebut Bambang.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Susulan

Diterangkan Bambang, hingga pukul 16.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat juga diimbau menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yangg membahayakan kestabilan bangunan.

"Terutama sebelum kembali ke dalam rumah," imbaunya.

3 dari 3 halaman

Informasi Resmi

Terkait gempa bumi, masyarakat juga diimbau untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.