Strategi Pengelola Restoran di Cirebon Hadapi Kebijakan Larangan Mudik Lebaran 2021

Oleh Panji Prayitno pada 27 Mar 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 27 Mar 2021, 12:00 WIB
Strategi Restoran Cirebon Hadapi Kebijakan Larangan Mudik Lebaran 2021
Perbesar
Pengelola restoran Volte Kitchen Cirebon optimis tetap beroperasi meski di tengah pandemi dan larangan Mudik Lebaran. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Cirebon - Kebijakan pemerintah pusat melarang mudik Lebaran 2021 menjadi tantangan tersendiri pelaku usaha terutama bidang makanan.

Seperti yang disampaikan Operasional Manajer Restauran Volte Kitchen Cirebon Fazri Kusuma Antoko mengaku baru mendengar kabar tersebut.

"Sebelumnya memang boleh mudik ya dan hari ini saya baru dapat informasinya lewat media ada perubahan kebijakan jadi dilarang mudik," kata Fazri usai pembukaan restoran Volte Kitchen Cirebon, Jumat (26/3/2021).

Dia memprediksi, larangan mudik lebaran tahun ini tidak seketat tahun lalu. Oleh karena itu, dia mengaku tetap optimistis usaha restoran yang dikelolanya bisa bertahan melewati masa Pandemi Covid-19 di Cirebon.

Dia mengatakan, situasi pandemi Covid-19 tidak bisa dipungkiri memberikan ketidakpastian bagi pengelola restoran yang sudah menyiapkan berbagai strategi agar tetap bisa beroperasi. Begitu pun dengan Fazri.

"Seperti memberikan diskon makan bahkan beli satu gratis satu dan itu salah satu strategi kami," kata dia.

Dia menjelaskan, optimisme untuk tetap beroperasi di tengah pandemi covid karena Cirebon menjadi lokasi alternatif kuliner dan pariwisata dari luar kota.

2 dari 3 halaman

Konsep Elegan

Strategi Restauran Cirebon Hadapi Kebijakan Larangan Mudik Lebaran 2021
Perbesar
Salah satu menu yang dijual restauran Volte Kitchen Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Selain itu, kondisi ekonomi di Kota Cirebon terlihat sudah kembali menggeliat secara perlahan.

"Sedangkan kota lain sudah berkembang atau recovery. Kami yakin Cirebon akan berkembang juga," ujar dia.

Dia menjelaskan, Volte Kitchen Cirebon merupakan restoran yang menyajikan menu alternatif dan berkualitas. Selain tempat yang nyaman, harga yang ditawarkan ekonomis dan bersahabat.

Dia mengatakan, Volte Kitchen Cirebon menghadirkan konsep restoran yang elegan. Desain bangunan merupakan perpaduan antar gaya modern dan klasik.

Sementara itu, menu yang disediakan Volte Kitchen terdiri dari dua kategori, yakni masakan Indonesia yang diolah dan dimodifikasi dengan beberapa metode masak dan pilihan bahan baku yang menggugah selera.

"Untuk western food sajian makanannya khas dari berbagai negara di dunia yang dimodifikasi dengan beberapa pilihan bahan baku serta teknik memasak yang disesuaikan dengan selera orang Indonesia," ujar dia.

Dia menjelaskan, nama restoran Volte diambil dari bahasa Portugis yang berarti kembali. Dia berharap, siapa pun yang datang ke restoran ini akan kembali menyantap menu yang disediakan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓