Upaya Polres Talaud Mengamankan Wilayah Perbatasan RI-Filipina

Oleh Yoseph Ikanubun pada 27 Mar 2021, 02:00 WIB
Diperbarui 02 Apr 2021, 02:42 WIB
Patroli diawali dengan apel bersama di Pelabuhan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud.
Perbesar
Patroli diawali dengan apel bersama di Pelabuhan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Liputan6.com, Manado - Personel Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulut dan Satpolairud Polres Kepulauan Talaud, Kamis (25/03/2021), menggelar patroli laut gabungan di pulau-pulau terluar perbatasan RI-Filipina. Pulau-pulau ini erada di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut.

Patroli diawali dengan apel bersama di Pelabuhan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud. Selanjutnya, personel dipimpin Komandan Kompi 4 Iptu Abdon Londohiang dan Kasatpolairud Iptu Lucky Mangundap berpatroli di perairan sekitar Pulau Kabaruan dan Pulau Karakelang menggunakan Kapal Patroli C3.

Abdon mengatakan, patroli ini untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban, mengingat kondisi geografis Kabupaten Kepulauan Talaud berada di wilayah perbatasan dengan negara tetangga.

“Patroli gabungan ini untuk mencegah timbulnya aksi kejahatan terutama di wilayah perairan, seperti illegal fishing, penyelundupan, pembajakan, dan lain-lain,” ujarnya.

Dia mengatakan, dalam waktu bersamaan juga dilakukan patroli di wilayah daratan yang dilaksanakan oleh personel regu lain.  Dalam kesempatan ini, pihaknya juga mengimbau masyarakat Talaud di pulau-pulau terluar untuk meningkatkan kewaspadaan dan turut melakukan pengawasan terhadap lingkungan sekitar.

“Kalau ada pendatang yang masuk Talaud jangan segan-segan untuk menanyakan identitas dan maksud kedatangannya. Juga jika melihat atau mengetahui adanya hal-hal mencurigakan, segera melapor ke pihak berwajib,” ujarnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak juga video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya