Sukses

Ratusan Calon Penumpang Stasiun Tawang Semarang Positif Covid-19

Calon penumpang yang dinyatakan positif Covid-19 melalui tes GeNose C19 rata-rata akan melakukan perjalanan kereta jarak jauh relasi Semarang-Jakarta dan Semarang-Surabaya

Semarang - Sejak 15 Februari 2021 hingga 18 Maret 2021 sebanyak 208 calon penumpang di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dinyatakan positif Covid-19 melalui pemeriksaan atau tes GeNose C19.

Para calon penumpang positif Covid-19 berdasarkan hasil tes GeNose itu pun akhirnya tak diizinkan melakukan perjalanan dan diminta melakukan isolasi secara mandiri di rumah.

"Jumlah kumulatif calon penumpang yang dites sekitar 14.885 orang. Dari jumlah sebanyak itu 14.731 orang dinyatakan negatif. Sedangkan 208 orang ketika dites tidak merasakan gejala dan mereka pilih isolasi di rumah," kata Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, saat dijumpai wartawan di Stasiun Poncol, Kota Semarang, Jumat (19/3/2021).

Pria yang karib disapa Kris itu mengungkapkan calon penumpang yang dinyatakan positif Covid-19 melalui tes GeNose C19 rata-rata akan melakukan perjalanan kereta jarak jauh relasi Semarang-Jakarta dan Semarang-Surabaya.

Mereka pun akhirnya tidak diizinkan melakukan perjalanan dan menjalani isolasi di ruang yang telah disediakan di Stasiun Tawang, sambil menunggu pengembalian uang tiket atau refund 100?.

"Semua calon penumpang kereta yang hasil GeNose-nya positif, uang tiketnya kita kembalikan full, 100%," ujarnya, dikutip Solopos.com.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenaikan Tarif Tes GeNose

Terkait adanya kenaikan tarif baru tes GeNose di wilayah PT KAI Daops IV Semarang, Kris mengaku hal tersebut sudah diumumkan sejak beberapa hari libur terakhir.

Di wilayah PT KAI Daops IV Semarang, tes GeNose C19 bisa dilakukan di tiga lokasi yakni Stasiun Tawang, Stasiun Poncol, dan Stasiun Tegal.

Tarif GeNose per Sabtu (20/3/2021) adalah Rp30.000 atau naik Rp10.000 dibanding sebelumnya. Hasil pemeriksaan tes GeNose C19 berlaku 3x24 jam sebelum keberangkatan pada hari biasa.

Namun saat keberangkatan pada hari libur, hasil pemeriksaan GeNose C19 berlaku 1x24 jam.

Menurut Kris, pemeriksaan dengan GeNose C19 cukup efektif menekan angka penularan Covid-19 karena cukup akurat.

"Sangat efektif dilakukan tes GeNose C19, alat itu sangat sensitif terhadap perubahan udara. Maka, setiap calon penumpang yang akan dites diharuskan tidak makan, merokok, atau minum, kecuali air putih selama 30 menit," kata dia.

Dapatkan berita menarik Solopos.com lainnya, di sini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.