Sukses

Sempat Bikin Heboh, Kambing Mata Satu di Simalungun Kini Telah Mati

Kelahiran kambing mata satu di Desa Nagari Purwosari, Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), pada Selasa, 16 Maret 2021, sekitar pukul 23.00 WIB, membuat masyarakat heboh.

Liputan6.com, Simalungun Kelahiran kambing mata satu di Desa Nagari Purwosari, Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), pada Selasa, 16 Maret 2021, sekitar pukul 23.00 WIB, membuat masyarakat heboh.

Namun, kambing berjenis kelamin laki-laki tersebut tidak berumur panjang. Tepat pada Kamis, 18 Maret 2021, sekitar pukul 17.30 WIB, hewan berkaki empat tersebut mati, atau 2 hari setelah dilahirkan oleh induknya.

"Sudah mati, bang, kemarin," kata Aril Muttaqin, anak dari Sukimin, pemilik kambing tersebut, Sabtu (20/3/2021).

Disebutkan Aril, anak kambing tersebut lahir dalam keadaan tidak nomral, yaitu hanya memiliki 1 mata berukuran besar. Namun, secara keseluruhan, kondisi anak kambing dalam keadaan sehat, dan belum bisa berjalan seperti biasa.

‎‎"Untuk berdiri belum bisa, tapi secara keseluruhan kondisinya sehat," sebutnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelahiran Kambing

Diceritakan Aril, kambing mata satu tersebut lahir dari induk yang kondisinya normal. Tidak ada hal aneh selama kehamilan induk kambing tersebut. Induk kambing miliknya diternak bersama kambing kelompok wanita tani.

"Saat lahir, mata kambing cuma satu sebesar bola pingpong," ujarnya.

Ketika baru lahir, kambing mata satu tersebut tidak mau makan dan belum bisa berdiri. Bayi kambing itu hanya menyusu dari induknya. Kabar kelahiran kambing mata satu pun memancing kehadiran warga untuk melihat.

"Bahkan, ada yang nawar. Saya enggak mau jual," ungkapnya.

Bayi kambing mata satu sudah dikubur di dekat kandang milik Aril. Saat dikubur juga disaksikan oleh Pangulu Nagori Purwosari bersama para warga yang sebagian berasal dari tetangga sekitar rumah mereka.

3 dari 3 halaman

Sempat Viral

Kabar lahirnya seekor kambing bermata satu lahir di Simalungun, Sumut menghebohkan warga. Bahkan video terkait kelahiran kambing berjenis kelamin jantan ini viral.

Dalam video berdurasi 26 detik yang diperoleh Liputan6.com, tampak mata kambing dengan kelahiran langka tersebut berukuran besar. Bahkan melebihi ukuran mulut kambing tersebut.

Video juga menunjukkan kambing berwarna cokelat putih itu dipisahkan dengan kambing lainnya, dan sedang diberi susu oleh seorang pria diduga pemilik kambing tersebut. Bayi kambing itu juga tampak sehat.

Warga yang mendokumentaskan video, Rum Ahmad Yusuf mengatakan, dirinya mengambil video itu pada Rabu, 17 Maret 2021. Pria 37 tahun ini menerangkan, lokasi berada di Desa Nagari Purwosari, Kecamatan Pematang Bandar, Simalungun.

"Kemarin siang nggak sengaja pergi ke kampung orang tua di Bandar untuk ziarah, jadi ada saudara yag cerita soal kambing itu, jadi langsung lihat," kata Rum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.