Sukses

Pengobatan Gratis Siloam di Muara Gembong

Pengobatan gratis di kawasan Pantai Harapan Jaya tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir melanda wilayah pesisir Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat di kala pandemi Covid-19 belum reda. Banjir dipicu meluapnya Sungai Ciheurang dari bagian jalur Sungai Citarum di Kabupaten Bekasi.

Warga korban banjir terutama warga yang bermukim di daerah Pantai Harapan Jaya tentu memerlukan sejumlah kebutuhan mendasar, salah satunya layanan kesehatan. Layanan ini diperlukan untuk mengurangi beban korban.

"Layanan kesehatan harus tetap diutamakan. Dampak banjir dan soal kesehatan adalah hal penting yang harus kita selesaikan bersama. Di tengah masa pandemi ini, Siloam Hospitals Lippo Cikarang hadir memenuhi kebutuhan itu," kata Direktur Siloam Hospitals Lippo Cikarang dr. Albert Limanto, dalam keterangan tertulis.

Dia mengatakan semangat kepedulian bersama tim medis Siloam Hospitals Lippo Cikarang guna memicu harapan ketersediaan layanan kesehatan. Albert pun membentuk tim yang diketuai oleh Dr. Nancy Christina. Tim Corporate Social Responsibility terdiri dari dua dokter, empat perawat, dan dua apoteker. Dr Nancy dan tim melakukan survei dan dilanjutkan pengadaan layanan kesehatan dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan.

Dr Nancy mengatakan pihaknya melihat dampak besar dari paska banjir yang terjadi. Kebutuhan layanan kesehatan sangat dibutuhkan, terutama bagi kelompok lanjut usia dan anak.

"Sedangkan pada survei Minggu lalu, kami mendapat informasi belum ada tindakan medis dari pihak lainnya guna meningkatkan layanan bagi warga di desa Pantai Harapan Jaya. Karenanya kami datang. Mudah mudahan ada semangat beraktivitas yang kembali hadir di lingkungan masyarakat," tuturnya.

Dia menambahkan, adanya antusiasme  warga cukup tinggi dan terbukti tercatat sekitar 90 warga dengan sabar, bahkan bergantian dengan tidak berkumpul, saling mengatur waktu kunjungan ke Posko Konsultasi dan Pengobatan medis gratis tersebut.

"Protokol kesehatan tetap kami jalankan bersama masyarakat sekitar. Layanan medis berjalan tertib sesuai protokol Kesehatan. Sebagian besar diketahui mengidap penyakit gatal kulit, batuk dan kebutuhan vitamin," imbuh Nancy menambahkan.

Sekretaris Desa Pantai Harapan Jaya, Deden Febriansyah menyampaikan apresiasi kepedulian dan rasa terimakasihnya kepada team dari Rumah Sakit Siloam Lippo Cikarang yang telah membantu kebutuhan layanan kesehatan bagi warganya.

"Banyak warga kami terserang penyakit kulit, demam dan kebutuhan vitamin usai banjir seminggu yang lalu. Kehadiran tim CSR medis ini merupakan yang pertama dilakukan dari Tim Siloam Hospitals. Kami berharap layanan kesehatan ini dapat berlanjut setiap tiga atau enam bulan," katanya.

Saksikan Video Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.