Sukses

Jadikan Masjid Pusat Belajar Generasi Muda, Pemko Padang Pasang Wifi Gratis

Digitalisasi masjid dalam wujud wifi gratis.

Liputan6.com, Padang - Sebanyak 16 masjid dipasang wifi oleh Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat. Fasilitas wifi gratis ini merupakan program masjid digital yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Padang, Rudy Rinaldy mengatakan 16 wifi gratis di masjid yang tersebar di Kota Padang, di antaranya daerah Padang Selatan, Surau Gadang, Bungus Selatan, Lubuk Buaya, Padang Besi, areal Pasar Belimbing dan daerah Batung Taba.

"Kemudian juga ada dua masjid yang dipasang wifi yang jangkauannya diperluas untuk warga sekitar yaitu di Lubuk Lintah dan Tunggul Hitam," ujarnya, Selasa (16/3/2021).

Menurutnya, program ini bertujuan untuk membantu anak-anak sekolah dan mahasiswa yang kesulitan ketika belajar secara online selama masa pandemi.

Lokasi masjid, lanjut Rudy, berada di daerah pemukiman warga sehingga memudahkan pelajar dan mahasiswa menggunakan fasilitas tersebut.

Dengan adanya program wifi gratis ini, pihaknya berharap masjid bisa dijadikan pusat kegiatan yang memiliki nilai-nilai positif.

"Cukup banyak kegiatan di masjid yang ditunjang oleh tersambungnya aliran internet yang memudahkan dalam menggali informasi dan ilmu pengetahuan," ujarnya.

Menggali ilmu dan informasi agama di masjid dengan digitalisasi, jelasnya bisa dipadukan dengan cara-cara konvensional sehingga generasi muda yang sudah melek teknologi bisa memanfaatkan kecanggihan ini dengan positif.

Selain itu, masyarakat yang berada di sekitar masjid juga dapat memanfaatkan internet tersebut secara optimal untuk kemajuan usahanya.

Misalnya, mempromosikan produk-produk handmade atau UMKM mereka secara digital, selain masih dilakukan secara konvensional juga.

"Perubahan perilaku transaksi dagang akibat pandemi Covid-19 akan sangat relevan dengan pemanfaatan internet melalui program masjid digital," Rudy menambahkan.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.