Sukses

Tahun Keempat Politeknik Sinar Mas Berau Coal, Siapkan Profesional Unggul di Daerah

Politeknik Sinar Mas Berau Coal telah memasuki tahun keempat dengan beragam upaya menciptakan angkatan kerja yang profesional dan unggul di daerah.

Liputan6.com, Berau - Pendidikan vokasi menjadi sangat penting dalam perkembangan kebutuhan tenaga kerja di masa sekarang. Angkatan kerja dengan skill yang spesifik menjadi kebutuhan utama hampir di seluruh bidang usaha.

Butuh upaya serius dan cermat dalam mengembangkan lembaga pendidikan berbasis penguasaan keahlian tertentu. Sebab program ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal di daerah yang memiliki keahlian dan keterampilan di bidangnya, siap kerja, dan mampu bersaing secara global.

Potret upaya serius itu bisa disaksikan di Politeknik Sinar Mas Berau Coal di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tahun ini adalah tahun keempat lembaga pendidikan persembahan Sinar Mas dan PT Berau Coal dalam mengembangkan profesional unggul di daerah.

Politeknik ini telah banyak berbuat dalam mendukung Pemerintahan Kabupaten Berau untuk menyiapkan tenaga kerja terampil sesuai dengan kebutuhan industri dan perkembangannya.

Empat tahun lalu, Politeknik Sinar Mas Berau Coal didirikan untuk menghadirkan sebuah lembaga pendidikan vokasi yang berada pada sentra industri. Lembaga pendidikan ini menjadi politeknik pertama di Bumi Batiwakkal, sebutan untuk Kabupaten Berau.

Kehadiran Politeknik Sinar Mas Berau Coal mendukung terbentuknya ekosistem pendidikan dalam penyediaan sumber daya manusia yang unggul untuk menjawab kebutuhan industri saat ini. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Periode 2016-2019, Ignasius Jonan, ketika meresmikan Politeknik Sinar Mas Berau Coal tepat pada 5 April 2019 silam, menyebut tujuan pendirian politeknik sebagai upaya serius perusahaan, bersifat jangka panjang bagi masyarakat, terutama putra-putri kebanggaan Kabupaten Berau.

Keberadaan Politeknik Sinar Mas Berau Coal tidak hanya untuk Kabupaten Berau, tetapi juga untuk Kalimantan Timur, bahkan nasional.

Direktur Politeknik Sinar Mas Berau Coal, Kris Adi Nugraha menjelaskan, secara rinci sistem edukasi yang dikembangkan dalam pembelajaran politeknik adalah menerapkan 70 persen praktikum dan 30 teori. Politeknik Sinar Mas Berau Coal juga menawarkan konsep pendidikan vokasi yang menyesuaikan antara kurikulum di kampus dengan kebutuhan Industri, khususnya industri pertambangan.

“Keunggulan utama Politeknik ini adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan mahasiswi untuk merasakan langsung suasana kerja di industri pertambangan, melalui program pemagangan dan praktek kerja lapangan yang dilaksanakan di mitra yang bekerjasama dengan Politeknik Sinar Mas Berau Coal,” kata Kris Adi Nugraha, Senin (8/3/2021).

Simak juga video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Studi

Ada dua fokus program pendidikan yakni sarjana terapan yang ditempuh dalam waktu studi 4 tahun dan diploma tiga selama 3 tahun. Program studi sarjana terapan berfokus pada Program Studi Teknologi Rekayasa Logistik. Sedangkan program studi diploma tiga terbagi lagi menjadi Program Studi Survei dan Pemetaan, serta Program Studi Perawatan Mesin.

“Program pendidikan politeknik sangat fokus untuk menerjunkan langsung mahasiswa melakukan kuliah praktik industri. Mereka langsung terjun ke perusahaan, membiasakan diri pada dunia perusahaan, mereka akan belajar mengkomparasi, mengobservasi juga. Hal itu dilakukan di luar magang,” papar Kris.

Politeknik Sinar Mas Berau Coal memberikan kesempatan bagi segala mahasiswa untuk mengeksplor dunia industri, dibimbing oleh dosen praktisi yang berpengalaman dalam bidangnya tentu menjadi tambahan keunggulan yang disajikan oleh lembaga pendidikan ini.

Selain itu, peningkatan soft skill tentu akan diajarkan berupa seven habit. Salah satu contoh seven habit yaitu berupa public speaking.

“Kami juga mengadakan stadium general aktif, yang berhubungan dengan bisnis yang mengundang para dosen praktisi yang sudah bekerja sama dengan kami,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Beasiswa Bagi Warga Kurang Mampu

Setelah berjalan selama 4 tahun, saat ini Politeknik  Sinar Mas Berau Coal membuka Penerimaan Mahasiswa Baru dengan dua jalur penerimaan. Pertama, melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) yaitu melalui jalur prestasi berdasarkan nilai rapor setara atau di atas rerata nilai 85, serta mereka yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Namun, kesempatan masih luas terbuka dengan jalur reguler yang terbagi pada 3 gelombang dan saat ini sedang berjalan. Kris menjelaskan, gelombang pertama dimulai pada periode Desember 2020 hingga Maret 2021, gelombang kedua yaitu April-Juni 2021 serta gelombang terakhir yaitu pada periode Juni-Agustus 2021.

Pendaftaran di tengah pandemi ini, dilakukan secara daring. Pihaknya akan membantu semua pendaftar dengan semudah mungkin untuk penerimaan mahasiswa baru. Begitu juga dengan tes wawancara akan dilakukan via daring pula.

“Materi untuk penerimaan, akan dilakukan tes bidang studi, kemampuan dasar. Kami melakukan secara daring agar tidak tercipta kerumunan yang terlalu banyak,” jelasnya.

Seluruh calon mahasiswa, sambung Kris Adi, dapat mengikuti penerimaan tanpa memandang asal sekolah, baik Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Semua memiliki kesempatan yang sama.

Di awal perkuliahan akan dilaksanakan matrikulasi yakni pengenalan dasar. Tidak hanya itu, beasiswa dari PT Berau Coal dan Sinar Mas dapat membantu di antara mereka yang memiliki nilai prestasi yang tinggi.

Beasiswa akan diberikan kepada mereka yang lulus tes masuk, atau yang telah dinyatakan lulus namun memerlukan bantuan ekonomi.

“Kami juga memberi bantuan untuk anak-anak berprestasi melalui Yayasan Dharma Bhakti PT Berau Coal, hal itu perlu disosialisasikan, agar tidak ada lagi yang tidak mampu mendapatkan pendidikan karena alasan kurang mampu,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.