Sukses

Demokrat Pilih Calon Cagub Banten 2024, dari Iti Octavia hingga Putri Wapres Jadi Kandidat

DPD Demokrat Banten mengklaim elektabilitas tertinggi saat ini, yang akan maju di pemilihan gubernur (Pilgub) tahun 2024 mendatang, dipegang oleh Wahidin Halim (WH) yang kini menjabat gubernur, kemudian disusul oleh Iti Octavia Jayabaya.

Liputan6.com, Serang - Bapilu Partai Demokrat, Andi Arief, mencuitkan di akun Twitternya, tujuh nama cagub Banten yang akan diusung pada pilgub mendatang. Ketujuh nama itu yakni Wahidin Halim (petahana), Iti Octavia Jayabaya (Bupati Lebak), Arif Wismansyah (Wali Kota Tangerang), Nur Aini yang mendapatkan julukan 'Wadon Banten (DPR RI), Rizki Natakusumah (DPR RI) putra dari Dimyati Natakusumah yang notabane anggota DPR dari PKS, Zulfikar (DPR), dan Aeng Haerudin, mantan ketua DPRD Banten.

DPD Demokrat Banten mengklaim elektabilitas tertinggi saat ini, yang akan maju di pemilihan gubernur (Pilgub) tahun 2024 mendatang, dipegang oleh Wahidin Halim (WH) yang kini menjabat Gubernur. Kemudian disusul oleh Iti Octavia Jayabaya, yang menjabat sebagai Bupati Lebak. Selanjutnya, Siti Nur Azizah, putri Wapres Ma'ruf Amin.

"Elektabilitas tertinggi dua, WH, Iti, Nur Azizah. (Kita) belum (penjaringan Cagub Banten)," kata Sekretaris DPD Demokrat Banten, Eko Susilo, melalui selulernya, Senin (01/03/2021).

Partai berlambang mercy itu akan terus melakukan survei popularitas dan elektabilitas, terutama mendekati pilgub, untuk menentukan pasangan calonnya.

Menurut Eko, kondisi politik akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Penjaringan pun akan dibuka, mendekati gelaran pilgub. "Kita nanti akan ada penjaringan, ada survei, kita lihat nanti bagaimana perkembangannya," terangnya.

Setidaknya, tujuh nama kader potensial Demokrat itu sudah lama berkecimpung di wilayah Banten. Mereka juga kini menduduki berbagai posisi strategis di 'Bumi Jawara'.

"Mereka kader-kader utama Demokrat yang berpotensi (maju di Pilgub Banten)," jelasnya.

Perlu diketahui bahwa Bapilu Partai Demokrat, Andi Arief dalam akun Twitternya menuliskan ada tujuh nama kader yang akan diusung dalam Pilgub Banten, yakni jika undang-undang (UU) Pilkada tidak direvisi pemerintah dan DPR, maka pilkada Provinsi Banten akan digelar pada 2024 mendatang. Dihelat serentak bersama pilkada seluruh provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.