Sukses

Lansia di Kota Padang Sudah Bisa Disuntik Vaksin Covid-19

Vaksinasi Covid-19 tahap II di Padang sasar lansia.

Liputan6.com, Padang - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat mulai gelar vaksinasi Covid-19 tahap II yang menyasar masyarakat lanjut usia (lansia).

Untuk tahap awal, vaksinasi bagi lansia terlebih dahulu diberikan kepada lansia di Kelurahan Rawang Kecamatan Padang selatan. Sementara, kecamatan lain di Kota Bengkuang ini menyusul setelahnya.

"Untuk di Rawang, ditargetkan 5.000 lansia divaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani, Senin (1/3/2021).

Selain lansia, vaksinasi Covid-19 tahap II ini juga akan diberikan kepada pelayan publik seperti guru, dosen, pedagang pasar, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah.

Kemudian TNI, Polri, Satpol PP, perangkat desa, BUMN, BUMD, pemadam kebakaran, transportasi publik, atlet, wartawan, dan pelaku sektor pariwisata.

Untuk vaksinasi tahap II, pihaknya menargetkan selesai pada April 2021, kemudian direncanakan akan terus berlanjut sampai akhir tahun ini.

"Secara keseluruhan target vaksinasi di Kota Padang sebanyak 700.000 warga," ungkap kepala dinas.

Setiap harinya, dinas kesehatan berupaya minimal melakukan vaksinasi Covid-19 sebanyak 3.000 sampai 4.000 orang, sehingga target sampai akhir tahun dapat terlaksana 100 persen.

Untuk stok vaksin saat ini, lanjutnya, tersedia 32.500 dosis, ketika sudah habis nanti akan ditambah lagi oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabar Terbaru Corona Sumbar

Hingga Minggu, 28 Februari 2021, sebanyak 29.182 orang di Sumbar dinyatakan terkonfirmasi virus Corona, 27.470 atau 94,1 persen di antaranya sudah sembuh.

Sementara, untuk pasien Covid-19 yang meninggal dunia yakni mencapai 644 orang, dan sisanya masih menjalani isolasi mandiri atau dirawat di rumah sakit.

Total jumlah sampel masyarakat Sumbar yang diambil 387.879 orang, lalu untuk spesimen sampel yang diperiksa mencapai 563.446 sampel.

"Positive rate hingga kini 7,52 persen," kata juru bicara Satgas Penanganan Corona Sumbar, Jasman.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak ketika beraktivitas di luar rumah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.