Mengenal Erman Safar, Wali Kota Termuda Sepanjang Sejarah Pemerintahan Bukittinggi

Oleh Novia Harlina pada 26 Feb 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 26 Feb 2021, 16:02 WIB
Wali Kota Bukittinggi Erman Safar. (Liputan6.com/ Novia Harlina)
Perbesar
Wali Kota Bukittinggi Erman Safar. (Liputan6.com/ Novia Harlina)

Liputan6.com, Padang - Erman Safar resmi dilantik sebagai Wali Kota Bukittinggi hari ini, 26 Februari 2021 oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi.

Ia menjadi wali kota termuda sepanjang sejarah pemerintahan Kota Bukittinggi. Erman Safar lahir di Bukittinggi pada 13 Mei 1986. Dia menempuh pendidikan SD hingga SMA di kota dengan ikon Jam Gadang itu.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikan di Universitas Padjadjaran (Unpad) Jurusan Hukum pada 2008. Usai menamatkan pendidikannya, Erman menjadi pengusaha muda yang sukses.

Suami dari Fiona Agyta tersebut kemudian mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bukittinggi pada 2020 dan memenangi pilkada serentak itu dengan jumlah suara 24 ribu.

Erman diusung oleh Partai Gerindra, PKS, dan Partai Golkar berpasangan dengan Marfendi.

Sekda Kota Bukittinggi Yuen Karnova mengatakan, Erman Safar memang wali kota termuda sepanjang sejarah pemerintahan Kota Bukittinggi.

"Iya yang termuda dengan usia (belum genap) 35 tahun. Semoga ini menjadi awal menjadikan Kota Bukittinggi lebih baik lagi," katanya, Jumat (26/2/2021).

Sementara, Gubernur Sumbar Mahyeldi usai melantik 11 kepala daerah di provinsi itu berharap para kepala daerah bisa langsung bekerja mewujudkan janji politiknya semasa kampanye.

"Saatnya melangkah bersama mewujudkan janji-janji pada rakyat, buka lapangan kerja baru dan terobosan-terobosan baru, sesuaikan dengan kondisi daerah," kata Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengimbau kepala daerah dapat memaksimalkan potensi daerah masing-masing demi peningkatan ekonomi daerah.

"Pasangan kepala daerah juga harus bekerja dengan harmonis, sesuai dengan porsi tugas, wewenang, hak, dan kewajiban masing-masing," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓