Sukses

TNI AL Tangkap 5 Pencuri di Kapal Berbendera Malaysia

Patroli keamanan laut TNI AL KRI Siwar- 646 berhasil menggagalkan aksi pencurian yang dilakukan 5 orang pelaku di dua kapal berbendera Malaysia.

Liputan6.com, Batam - Patroli keamanan laut TNI AL KRI Siwar- 646 berhasil menggagalkan aksi pencurian yang dilakukan 5 orang pelaku di dua kapal berbendera Malaysia di perairan Selat Singapura, Minggu (21/2/2021). Dua kapal tersebut, yakni TB Danum dan Tongkang Linau 133.

Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I, Laksma TNI Yayan Sofyan mengatakan, peristiwa penangkapan itu bermula saat dua kapal berbendera Malaysia tersebut bertolak dari Pelabuhan Klang, Malaysia menuju Serawak.

"Jadi saat melintas di perairan Karang Banteng, kapal tersebut didatangi oleh dua speed boat yang dalamnya terdapat lima orang pelaku pencurian kapal di laut. Pada saat yang sama KRI Siwar-646 melaksanakan kegiatan patroli keamanan laut di kawasan tersebut dan memantau aktivitas upaya pencurian yang dilakukan oleh lima orang," kata Yayan Sofiyan di Dermaga Lanal Batam, Senin (22/2/2021).

Lebih lanjut Yayan mengungkapkan, pada saat melakukan patroli, kelima pelaku tertangkap tangan sedang memindahkan material dari tongkang Linau 133.

"Dugaannya aktivitas mereka bukan yang pertama tetapi sudah dilakukan berkali-kali. Dari hasil identifikasi, pelaku sedang melakukan pemindahan muatan berupa potongan baja dan di atas speed boat juga didapat sejumlah jerigen," ujarnya.

Dalam aksi tersebut tidak ditemukan adanya bukti-bukti kekerasan atau pencurian dengan kekerasan. Menurutnya, kejadian itu murni pencurian yang dilakukan di laut dan berbeda dengan perompakan yang berusaha menguasai seluruh kapal yang dilakukan dengan kekerasan dan mengancam jiwa seluruh anak buah kapal (ABK).

"Akan dilakukan pendalaman sudah berapa kali mereka melakukan aksinya. Karena ini laporan dari negara tetangga, selama tahun ini sudah dua kali kejadian serupa," kata Yayan.

Selanjutnya Lanal Batam yang akan melaksanakan penyelidikan terkait kasus pencurian ini. Permasalahan ini juga nantinya akan dilimpahkan ke Penyidik Pegawa Negeri Sipil (PPNS).

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.