Sukses

Mitos Bawang Merah Tameng Warga Gorontalo Menangkal Roh Jahat

Selain digunakan untuk bumbu masakan, sebagian warga Gorontalo menggunakan bawang merah untuk melawan hal-lah yang berbau mistis.

Liputan6.com, Gorontalo - Secara umum bawang merah merupakan salah satu bumbu masak utama di dapur. Maka tak heran jika rempah yang satu ini tidak pernah ketinggalan saat memasak lauk maupun olahan makanan lain.

Namun kali ini berbeda, rempah dengan nama latin Allium ascalonicum ini, selain digunakan untuk bumbu masakan, sebagian warga Gorontalo menggunakan bawang merah untuk melawan hal-lah yang berbau mistis.

Salah satu contoh jika ada orang yang sakit, tetapi tak kunjung sembuh dengan pengobatan medis, paranormal atau dukun kerap menggunakan bawang merah ini sebagai salah satu media penyembuhan saat mengobati pasien.

Terlebih, jika orang sakit tersebut memperlihatkan hal yang tidak wajar seperti kerasukan mahluk halus, pasti dukun atau paranormal menggunakan bawang merah untuk mengusir roh jahat tersebut.

"Kami masih memercayai ini, apalagi orang di pedesaan terpencil pasti masih meyakini bawang merah sebagai alat pengobatan tradisional," kata Saurin Bano Mohamad, warga Kecamatan Suwawa Kepada Liputan6.com.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebagai Tameng dari Roh Jahat

Menurutnya, tradisi pengobatan ini memang sudah turun-temurun sejak dulu hingga saat ini. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, sebagian masyarakat Gorontalo yang ada di perkotaan sudah tidak memercayainya hal seperti ini.

"Mungkin karena tergerus oleh zaman yang sudah modern, jadi hal seperti ini mulai ditinggalkan," ujarnya.

Tidak hanya itu, kata Saurin, bawang merah ini tidak hanya menjadi media pengobatan. Melainkan, bawang merah ini kerap digunakan sebagai tameng ketika memasuki hutan belantara.

"Bagi para pekerja yang aktivitasnya sering masuk hutan, pasti bawang merah ini tak ketinggalan yang digunakan sebagai tameng," ungkapnya

Selain melindungi dari makhluk halus, bawang merah ini juga dipercaya mampu menghindari orang dari serangan binatang buas.  

"Biasanya roh jahat atau binatang buas enggan menyerang jika orang tersebut membawa satu butir bawang merah. Sebab, menurut orang tua dulu aroma bawang merah tidak disukai oleh mereka," ia menandaskan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.