Sukses

Cek Daftar Pembatalan Perjalanan Kereta Api dari Jateng karena Banjir Jakarta

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan PT KAI Daop 5 Purwokerto membatalkan sejumlah perjalanan kereta api tujuan Jakarta

Liputan6.com, Purwokerto - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto membatalkan perjalanan sejumlah kereta api tujuan Jakarta akibat banjir di lintas Kedunggedeh-Lemahabang, Jawa Barat, yang masuk wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta.

"Sejumlah titik jalur lintas KA di area Daop 1 Jakarta yang terimbas banjir dengan ketinggian bervariasi di atas kop rel. Bahkan, ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh dan Lemahabang khususnya Km 55+100 sampai dengan Km 53+600 terendam banjir dengan ketinggian air sampai dengan 150 centimeter," kata pejabat yang melaksanakan tugas (PYMT) Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu sore.

Selain itu, kata dia, terjadi pula gogosan di Km 54+5/6 petak jalan antara Cikarang dan Karawang, sehingga mengakibatkan kereta api jarak jauh yang melewati wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto mengalami gangguan.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan PT KAI Daop 5 Purwokerto membatalkan sejumlah perjalanan kereta api tujuan Jakarta, antara lain KA Serayu relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen dan KA Sawunggalih relasi Kutoarjo-Purwokerto-Pasarsenen.

"Demikian pula perjalanan sejumlah kereta api tujuan Jakarta dari Daop lain yang melewati Daop 5 Purwokerto dan sebaliknya, juga dibatalkan," katanya, dikutip Antara.

Ia mengatakan kereta api dari Daop lain yang dibatalkan perjalanannya, antara lain KA Progo relasi Lempuyangan-Purwokerto-Pasarsenen, KA Bima relasi Gambir-Purwokerto-Surabayagubeng, KA Bima relasi Surabayagubeng-Purwokerto-Gambir, KA Gajayana relasi Gambir-Purwokerto-Malang, KA Gajayana relasi Malang-Purwokerto-Gambir, KA Senja Utama relasi Solobalapan-Purwokerto-Pasarsenen.

Selanjutnya, KA Singasaro relasi Blitar-Purwokerto-Pasarsenen, KA Argo Dwipangga relasi Solobalapan-Purwokerto-Gambir, KA Argo Lawu relasi Gambir-Purwokerto-Solobalapan, KA Taksaka relasi Yogyakarta-Purwokerto-Gambir, KA Jayakarta relasi Pasarsenen-Purwokerto-Surabayagubeng, KA Jayakarta relasi Surabayagubeng-Purwokerto-Pasarsenen, KA Serayu relasi Pasarsenen-Kiaracondong-Purwokerto, dan KA Bengawan relasi Purwosari-Purwokerto-Pasarsenen.

"PT KAI (Persero) menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan kereta api karena cuaca buruk dan curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan beberapa titik stasiun atau lintas KA terimbas banjir khususnya di wilayah Daop 1 Jakarta yang mengakibatkan dibatalkannya beberapa perjalanan KA," kata Hendra.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembatalan Perjalanan KA Daop Semarang

Ia mengatakan hingga saat ini, seluruh tim prasarana PT KAI (Persero) terus melakukan pemantauan kondisi di lintas untuk dapat memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api di sejumlah area jalur rel yang terdampak banjir.

Bagi penumpang yang terdampak pembatalan perjalanan kereta api, kata dia, dapat melakukan proses pembatalan tiket melalui loket yang terdapat di stasiun.

"Pembatalan tiket karena perjalanan kereta api dibatalkan, akan dikembalikan 100 persen di luar bea pesan. PT KAI tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA beserta penumpang dan barang yang diangkutnya," katanya.

PT KAI Daop 4 Semarang membatalkan perjalanan sejumlah kereta jarak jauh dari Semarang tujuan Jakarta menyusul banjir yang masih melanda jalur tujuan ibu kota tersebut.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro dalam siaran pers di Semarang, Minggu, mengatakan kereta tujuan Stasiun Gambir dan Pasar Senen dibatalkan karena kondisi rel di wilayah Kabupaten Bekasi masih tergenang air

"Jalur antara Stasiun Kedunggedeh dan Lemah Abang masih terendam air dengan ketinggian mencapai 1,5 meter," katanya.

Selain menggenangi rel, kata dia, juga terjadi gogosan yang menggerus batu balas di bawahnya.

Sejumlah kereta yang dibatalkan antara lain KA Dharmawangsa, Tegal Ekspres, dan Jayabaya, dengan tujuan akhir Stasiun Pasar Senen. Selain itu terdapat pula KA Argo Muria Sore dan Argo Bromo Anggrek tujuan akhir Stasiun Gambir

Sementara itu kereta jarak jauh tujuan Jakarta yang akan menuju berbagai daerah di wilayah timur, kata dia, para penumpangnya sempat dialihkan dengan menggunakan bus menuju Stasiun Cikampek, sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan dengan kereta yang sudah dijadwalkan.

Menurut dia, upaya perbaikan jalur yang terendam banjir sudah dilakukan agar jalur dapat segera kembali dibuka.

Para penumpang yang keretanya dibatalkan, lanjut dia, akan memperoleh ganti uang pembelian tiket secara utuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.