Sukses

Tips Sukses Membangun Karier dari CEO PT Kilang Pertamina International

Ignatius Talluembang CEO PT Kilang Pertamina International membagikan tips sukses dalam karier kepada ribuan calon wisudawan UGM.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ada empat hal atau tips yang disampaikan Ignatius Talluembang CEO PT Kilang Pertamina International agar sukses dalam karier kepada ribuan calon wisudawan program sarjana dan diploma UGM.

Dalam acara pembekalan wisuda  periode Februari 2021 yang digelar secara daring, Ignatius menjelaskan tips sukses itu bagi para calon wisudawan UGM saat memasuki dunia kerja.

"Pertama, harus memiliki passion karena akan meningkatkan performance, achievement, atau hasil-hasil yang akan dicapai," katanya Selasa (16/2/2021).

Tips kedua terus berlatih dalam menghadapi maupun menyelesaikan persoalan. Hal ini untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guna memperkuat kemampuan dalam bekerja.

Tips ketiga, harus memiliki harapan atau visi saat bekerja. Harapan inilah yang akan memunculkan energi dapat bekerja lebih baik lagi.

"Keempat harus punya tujuan. Keempat hal ini harus bisa direnungkan agar nantinya Adik-adik bisa menjadi yang terbaik dan mendapatkan karier puncak," ujarnya.

Ignatius juga membagikan Spirit CIPS atau hal yang selalu ditanamkan dalam kehidupanya. Spirit CIPS singkatan dari Change, Innovation, Professional, dan Speed agar sukses dalam berkarier.

Ignatius mengatakan di era saat ini harus mengikuti dunia yang terus berubah dan berkembang begitu cepat. Sehingga calon wisudawan dituntut untuk bisa melakukan perubahan itu.

"Kalau bekerja dengan cara yang sama maka hasilnya juga akan sama. Untuk itu perlu perubahan baik cara kerja, prosedur, teknologi, kecepatan dan lainnya agar hasilnya lebih baik, produktivitas berlipat,” katanya.

Menurutnya hal yang paling penting lainnya adalah inovasi. Berikutnya adalah bersikap profesional baik dari sisi kompetensi maupun intergritas.  

"Kompetensi dan integritas menjadikan suatu profesionalisme yang harus dibangun agar menjadi yang terbaik," ujarnya.

Alumnus Fakultas Teknik UGM ini juga berpesan soal kecepatan dalam bekerja. Hindari kebiasaan menunda pekerjaan yang bisa diselesaikan saat itu juga.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.