Sukses

Menantikan Gebrakan Pemimpin Baru Daerah di Banten Mulai Akhir Februari 2021

Pemenang Pilkada di Banten, akan dilantik akhir Februari 2021. Pelantikan dibagi dalam dua gelombang, bagian pertama untuk Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. Selanjutnya, Kota Tangsel dan Kabupaten Pandeglang.

Liputan6.com, Serang - Pemenang Pilkada di Banten, akan dilantik akhir Februari 2021. Pelantikan dibagi dalam dua gelombang, bagian pertama untuk Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. Selanjutnya, Kota Tangsel dan Kabupaten Pandeglang.

Pelantikan kepala daerah dilakukan secara virtual. Para wali kota dan kepala daerah terpilih tidak harus datang ke Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), di Kota Serang.

"Untuk Akhir Masa Jabatan (AMJ) yang habis 17 Februari 2021 akan dilaksanakan pelantikan pada 25-27 Februari 2021. Pelantikan dilaksanakan secara virtual oleh gubernur. Adapun yang akan dilantik berada di kabupaten kota masing-masing," kata Asisten Daerah (Asda) I bagian Pemerintahan dan Kesra Pemprov Banten, Septo Kalnadi, melalui rilisnya, Selasa (16/2/2021).

Teknis pelantikan kepala daerah terpilih nantinya akan ditentukan oleh Kemendagri. Pemprov Banten masih menunggu keputusan dan surat resminya.

"Teknis lebih lanjut, Kemendagri akan mengirimkan surat terkait langkah pelaksanaan pelantikan dan lainnya," jelasnya.

Kekosongan jabatan kepala daerah selama beberapa waktu itu akan diisi oleh pelaksana harian (Plh) yang dijabat oleh Sekretaris Daerah (Sekda) masing-masing kabupaten dan kota.

"Dilakukan serah terima jabatan atau penyerahan memori jabatan dari kepala daerah yang habis masa jabatannya kepada Plh, dilakukan secara sederhana dan sesuai prokes," terangnya.

Perlu diketahui bahwa calon kepala daerah Kota Cilegon yakni Helldy Agustian-Sanuji Pentamerta. Kabupaten Serang ada Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa, Kabupaten Pandeglang Irna Narulita-Tanto Warsono Arban. Kemudian, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan akan menjadi pemimpin baru di wilayah Tangsel.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.