Sukses

Menelisik Sinergi UMY dan Pejuang Ekonomi

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengirimkan mahasiswa yang tengah mendampingi para UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini.

Liputan6.com, Yogakarta Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendukung UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini. UMY mendukung dengan program KKN atau Kuliah Kerja Nyata yang dikhususkan untuk membantu atau mendampingi UMKM. Puncak dari program KKN ini adalah gelaran UMKM EXPO 2021 yang dilaksanakan selama 4 hari mulai Sabtu (13/02) hingga Selasa (16/02) mendatang.

Acara UMKM EXPO 2021 digelar virtual atau daring (dalam jaringan) melalui platform Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube. Tokoh yang ikut mendukung program ini adalah Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Herry Zudianto, Ketua Jaringan Saudagar Muhammadiyah dan Gunawan Budiyanto Rektor UMY. 

Aris Slamet Widodo Kepala Divisi KKN, Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY mengatakan UMKM EXPO 2021 ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan mulai dari pengemasan hingga pemasaran.   

“Ini merupakan tempat yang baik dan tepat untuk bersilaturahmi,” tambahnya. 

Pada kesempatan yang sama, Rektor UMY, Ir. Gunawan Budiyanto mengatakan pelaku UMKM ini merupakan pejuang ekonomi di masa sulit ini. Seperti dalam kondisi terburuk seperti pada tahun 1998 lalu yaitu krisis moneter pelaku UMKM adalah garda terdepan dalam memajukan ekonomi bangsa. 

“Tangan dingin para mahasiswa UMY yang terus bergerak untuk melakukan pengabdian di tengah pandemi, merupakan sebuah hal yang membanggakan,"kata Gunawan.

Simak video pilihan berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.