Daops 3 Cirebon Buka Layanan GeNose, Cek Syarat dan Ketentuannya

Oleh Panji Prayitno pada 15 Feb 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 15 Feb 2021, 17:00 WIB
Daops 3 Cirebon Buka Layanan GeNose, Cek Syarat dan Ketentuannya
Perbesar
Calon penumpang mengikuti tes GeNose sebelum naik kereta api. Fofot (istimewa)

Liputan6.com, Cirebon - Layanan pemeriksaan GeNose saat hendak naik kereta api dari Daops 3 Cirebon akan diberlakukan.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto mengatakan, layanan GeNose akan berlaku di wilayah Daops 3 Cirebon pada Senin, 15 Februari 2021. Suprapto menjelaskan, layanan memberi pilihan kepada para penumpang dalam memilih layanan tes bebas Covid-19 selain Rapid Test Antigen.

"Secara bertahap akan kami lakukan khususnya di stasiun wilayah Daops 3 Cirebon," ujar dia di Cirebon, Minggu (14/2/2021).

Dia menjelaskan, untuk ikut pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang harus mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan, yakni dalam kondisi sehat, memiliki tiket, dilarang merokok, makan, minum, 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas.

Calon penumpang diharuskan mengantre dan mendaftar dengan tertib. Setelah itu, calon penumpang diberi kantong GeNose C19 setelah membayar.

"Biaya GeNose 19 hanya Rp 20 ribu per orang dan kami pastikan sudah ada di stasiun Cirebon," kata dia.

Pada pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang diminta untuk mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak tiga kali. Langkahnya, yakni dua kali di awal, ambil napas dan buang di dalam masker.

2 dari 3 halaman

Cegah Penyebaran

Daops 3 Cirebon Buka Layanan GeNose, Cek Syarat dan Ketentuannya
Perbesar
Genose 19

Kemudian, saat pengambilan napas ketiga, langsung embuskan ke dalam kantong hingga penuh. Kemudian kunci kantong agar udara di dalamnya tidak keluar dan serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19.

"Hasil pemeriksaan GeNose C19 ini akan keluar dalam waktu sekitar 3 menit. Pemeriksaan dilakukan 1 kali tanpa pengulangan," kata dia.

Jika hasilnya positif, calon penumpang tidak diperbolehkan naik kereta api. Tiket dapat dibatalkan melalui loket khusus atau melalui WhatsApp KAI121 di 081-1121-11121 dan uang tiket akan dikembalikan penuh.

Suprapto mengatakan, jika positif petugas pemeriksa akan memberikan konsultasi, informasi, dan edukasi terkait hasil pemeriksaan dan menyarankan pelanggan tersebut untuk melakukan isolasi mandiri.

"Calon penumpang akan diarahkan oleh petugas untuk meninggalkan stasiun dan diminta melapor ke puskesmas sesuai domisili," ujar dia.

Dia berharap, calon penumpang dapat memahani dengan baik syarat dan ketentuan PT KAI dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓