Sukses

Nikmatnya Sarapan Pagi dengan Katupek Gulai Paku Khas Ranah Minang

Sepiring katupek gulai paku sangat menggugah selera, dilengkapi dengan sebutir telur rebus dan di atas siraman gulai paku ditaburi kerupuk.

Liputan6.com, Padang - Sebelum memulai aktivitas, saat pagi hari biasanya perut harus diisi. Jika anda sedang berada di Sumatera Barat, maka wajib mencicipi katupek gulai paku.

Katupek sama artinya dengan ketupat, sementara gulai paku yakni gulai pakis. Sajian ini merupakan salah satu menu legendaris di Ranah Minang. Sebagian besar penjual sarapan pagi menyediakan katupek gulai paku.

Katupek gulai paku memiliki cita rasa khas yang mungkin tak tersedia di daerah lain. Kuah gulai paku berwarna kuning, kemudian pakisnya dipilih yang masih muda.

Ketika disajikan, sepiring katupek gulai paku sangat menggugah selera. Dilengkapi dengan sebutir telur rebus dan di atas siraman gulai paku ditaburi kerupuk.

Namun, akan lebih nikmat lagi jika memakannya dengan gorengan sala lauak yang terbuat adonan tepung bercampur ikan asin atau kerupuk kulit yang renyah.

Salah seorang warga Kota Padang, Zahra mengatakan dirinya sering membeli sarapan katupek gulai paku. Menu itu menjadi salah satu pilihan ketika pagi tiba dan perut keroncongan.

"Katupek gulai paku banyak yang jual, saya biasanya dibungkus dan makan di kontrakan bersama teman-teman," ujar mahasiswi semester 6 itu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Gulai Hanya Rp7.000 per Porsi

Selain rasanya yang nikmat, harganya juga terjangkau sehingga cocok untuk anak kuliahan yang jauh dari orang tua.

"Kadang-kadang, sebungkus katupek gulai paku bisa dimakan berdua karena porsinya cukup banyak, jadinya irit," dia menjelaskan.

Seporsi katupek gulai paku ini biasanya dihargai sekitar Rp7.000 jika ditambah telur rebus. Namun kalau tidak, harganya lebih murah sekitar Rp5 ribu.

Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati sepiring katupek gulai paku, yang akan membuat perut kenyang dan siap memulai aktivitas.

Di Sumbar, katupek gulai paku adalah salah satu varian yang bisa menjadi pilihan. Namun jika Anda ingin mencoba yang lain, juga tersedia katupek atau lontong gulai cubadak (nangka), gulai tauco, dan juga kuah kacang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.