Sukses

Sandiaga Uno: Event Nasional dan Internasional Harus Banyak Digelar di Badung

Menparekraf, Sandiaga salahuddin Uno di sela dirinya berkantor di Bali mengunjungi balai budaya 'Giri Nata Mandala", dirinya berharap semakin banyak event skala nasional dan internasional digelar di Kabupaten Badung.

Liputan6.com, Denpasar - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno berharap semakin bnayak event berskala nasional hingga internasional digelar di Kabupaten Badung, Bali.

Menurutnya itu salah satu upaya untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di Badung dan Bali yang sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19.

Menparekraf Sandiaga Uno di hari kedua berkantor di Bali, Jumat (12/2/2021), mengunjungi Balai Budaya "Giri Nata Mandala" di kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Badung. Menparekraf mengapresiasi “Giri Nata Mandala” sebagai gedung pertunjukan dengan standardisasi internasional yang dibangun oleh Pemkab Badung.

"Saya takjub melihat balai budaya di pusat pemerintahan Kabupaten Badung ini. Kalau bicara tingkatan, ini standardisasinya sudah kelas dunia. Oleh karena itu saya ingin gerak cepat, inovasi, yaitu event-event berskala nasional bisa kita tingkatkan di sini," kata Sandiaga Uno di Bali.

Ia menyebut, keberadaan balai budaya tidak hanya menjadi ruang kreasi dan apresiasi terhadap seni budaya, tapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Pak Bupati minta dukungan untuk fasilitasi agar testing baik rapid antigen maupun GeNose itu dipermudah untuk wisatawan," ujar Sandiaga. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAD Kabupaten Badung Turun Hingga 90%

Dalam kesempatan itu Sandiaga Uno mendapat laporan tentang dampak pandemi terhadap sektor pariwisata di Kabupaten Badung yang menjadi penopang pendapatan asli daerah (PAD). Dilaporkan bahwa PAD Kabupaten Badung menurun hingga 90 persen.

"Ini kita akan cari solusi, tidak bisa tidak harus gerak cepat, gerak bersama, dan garap semua potensi lapangan kerja supaya Kabupaten Badung ini mampu bertahan di tengah pandemi. Sudah berjalan tahun lalu (dana hibah pariwisata), tapi ada sedikit yang tersisa dan akan kita upayakan tereksekusi tahun ini. Selain juga ditingkatkan dan diperluas jangkauannya, serta juga program padat karya dan desa wisata," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu, Sandiaga Uno mengapresiasi solusi program yang ditawarkan Bupati Badung dan mereka siap untuk menjalankannya. Yakni vaccine based tourism, yang memungkinkan wisatawan mendapatkan vaksin Covid-19 sambil berwisata di Kabupaten Badung dengan penerapan protokol ketat.

"Pemerintah Kabupaten Badung dan juga Pemerintah Provinsi Bali beserta kami di pemerintah pusat akan mencanangkan program salah satunya pariwisata berbasis vaksin. Kita semua siap bergandengan tangan dengan program pemulihan ekonomi nasional, Insya Allah kami akan susun. Dengan bergandengan tangan kita bisa bangkitkan kembali pariwisata di Kabupaten Badung dan Bali pada umumnya," kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga Uno melanjutkan kegiatannya dengan mengunjungi Pod Bali Chocolate Factory, edutourism yang mengenalkan tentang cokelat mulai dari hulu ke hilir.

"Indonesia adalah negara penghasil biji kakao (biji cokelat) ketiga terbesar di dunia, dan ini merupakan potensi besar untuk dikembangkan sebagai destinasi pariwisata. Ini bukti ecotourism juga bisa menjadi pasar yang kuat bagi wisatawan,"

Sementara itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan pandemi Covid-19 memang memberikan dampak ekonomi di wilayahnya. Sumber terbesar dalam PAD adalah melalui pajak hotel dan restoran, Bupati Giriprasta berharap berbagai program yang dicanangkan pemerintah dapat segera berjalan.

"Kami akan tetap berupaya semaksimal mungkin bagaimana darurat pandemi Covid-19 dan darurat ekonomi ini bisa teratasi," kata Giri Prasta.

Nampak hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, dan Ketua DPRD Kabupaten Badung I Putu Parwata. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.