Sukses

Lepas Jabatan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno Istirahat dari Dunia Politik

Irwan Prayitno sudah memimpin Sumbar selama 10 tahun.

Liputan6.com, Padang - Gubernur Sumatera Barat periode 2016-2021, Irwan Prayitno resmi melepas masa jabatannya pada 12 Februari 2021.

Jabatan gubernur saat ini diserahkan kepada Sekda Provinsi sumbar, Alwis sebagai pelaksana harian (Plh). Ditunjuknya Alwis sebagai Plh lantaran hasil Pilgub Sumbar 2020 masih sengketa di Mahkamah Konstitusi.

Usai melepas jabatan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno memilih untuk beristirahat sementara dari dunia politik.

Memiliki latarbelakang sebagai dosen, ia akan kembali menjadi guru besar di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selain itu, Universitas Negeri Padang (UNP) juga akan menetapkan Irwan sebagai profesor psikologi, ia akan dikukuhkan dalam orasi ilmiah di sidang sedant terbuka dalam waktu dekat.

Tak hanya itu, Irwan Prayitno juga bakal mengajar di Universitas Andalas di program S3 Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran, di samping itu juga ia menjadi Rektor Universitas Adzkia.

"Iya lebih banyak ke bidang pendidikan setelah ini, dan istirahat dulu dari dunia politik," ujarnya, Jumat (12/2/2021).

Namun jika partainya yakni PKS meminta untuk kembali terjun ke dunia politik, Irwan tak menutup kemungkinan tersebut.

"Saat ini saya menjabat anggota Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPP PKS, namun tidak berpolitik karena bukan pimpinan partai," ujarnya.

Ke depan, Gubernur Sumbar dua periode itu juga akan menulis buku, dalam waktu dekat dirinya juga akan meluncurkan 74 buku yang saat ini masih dicetak.

"Ada beragam jenis buku, nanti juga akan ada novel," jelasnya.

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.