Sukses

6 Kuliner Malioboro yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Yogyakarta

Tidak hanya wisata belanja barang, kuliner di kawasan Malioboro pun juga tak kalah bervariasi, enak dan murah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jalan-jalan ke Malioboro Yogyakarta jangan sampai lupa mencicipi kuliner yang ada di sana. Tidak hanya wisata belanja barang, kuliner Malioboro juga tak kalah enak dan murah.

Berikut sejumlah tempat kuliner di kawasan Malioboro yang layak untuk dicoba.

1. Lumpia Sami Jaya

Lumpia Sami Jaya yang mangkal di kawasan Malioboro ini cukup legendaris dan cukup populer di kalangan wisatawan. 

Lumpia Sami Jaya menawarkan pilihan rasa, ada ayam dan sayur. Ciri khas yang berbeda dari lumpia pada umumnya yaitu baluran saus bawang putih yang ditumbuk. Kuliner ini selalu disajikan dalam keadaan hangat.

Adonan Lumpia Sami Jaya menggunakan buah bengkoang yang diolah menjadi satu bahan dengan toge, wortel, dan daun bawang. Harganya mulai dari Rp4.000. Setiap hari, lumpia Sami Jaya buka dari pukul 08.00 WIB sampai habis.

Pengunjung yang ingin mencicipi kuliner Malioboro yang satu ini bisa datang ke depan Toko Sami Jaya di Kawasan Malioboro tepatnya di sebelah Hotel Mutiara. 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kopi Joss Angkringan Lik Man

Kalau ke Yogyakarta sempatkan mampir ke angkringan Lik Man yang menjual kopi hitam dicampur arang yang membara di atasnya. Kopi ini dikenal juga dengan sebutan kopi jos.

Sudah banyak wisatawan yang mengenal minuman ini karena memang cukup hits. Selain kopi, ada juga menu angkringan seperti nasi kucing dan aneka tusukan satai. Harganya pun murah meriah tidak akan bikin dompet jebol. 

Nasi kucing dijual Rp2.000, aneka satai Rp3.000 dan kopi jos Rp5.000. Angkringan Lik Man hanya ada di satu lokasi, yakni di pinggir Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu.

3. Gado-Gado Bu Hadi 

Bagi penyuka sayuran, tidak ada salahnya mencoba kuliner gado-gado Bu Hadi. Aneka campuran sayuran ini wajib pengunjung coba saat berlibur ke Yogyakarta karena rasanya dijamin enak. 

Gado-gado yang terdiri atas kentang, kecambah, kol, selada, timun, tahu, telur, dan kerupuk ini seolah memberikan sensasi rasa yang tak ada duanya. Satu porsi dijual Rp9.000 saja. Cukup murah bukan?

Menikmati gado-gado ini bisa langsung ke Pasar Beringharjo mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Sarapan Soto

4. Soto Ayam Lenthok Pak Gareng 

Paling cocok menyantap soto pada pagi hari. Salah satunya Soto Lenthok Pak Gareng. Di dalamnya ada suwiran ayam kampung, bawang goreng, dan sayuran. 

Soal cita rasa soto Pak Gareng tidak usah diragukan lagi. Sudah banyak pembeli yang jadi pelanggan di soto ayam ini. Racikan soto dengan kuahnya yang memiliki perpaduan asin dan manis, gurih, segar, yang mana menjadi soto khas Yogyakarta. 

Seporsi soto ayam bisa diperoleh dengan harga Rp7.000. Lokasi soto ayam ini ada di seberang Stasiun Tugu Yogyakarta.

5. Es Sekoteng Ketandan

Dalam semangkuk es sekoteng ini terdapat beragam isi yang sangat menggugah selera. Ada kolang kaling, cincau, agar-agar, dan tape ketan hijau kemudian disantap dengan serutan es. 

Rasanya manis dan segar, lengkap dengan tape ketan hijaunya yang manis dan sedikit asam. Harganya hanya Rp10.000 per porsi. 

Ingin mencicipi es sekoteng ini, bisa langsung menuju lokasinya tak jauh dari gapura Kampung Ketandan, utara Ramayana. Jalan Ketandan Kulon, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, mulai pukul 17.00 hingga 20.30 WIB.

6. Angkringan Pak Jabrik

Makanan andalan dari angkringan ini adalah nasi kucing dengan oseng tempe atau sambal teri. Variannya beragam, mulai dari rica-rica, lombok ijo, oseng usus, dan sebagainya yang dibanderol mulai Rp4.000 sampai Rp10.000.

Aneka satai pun bisa dipilih mulai dari Rp3.000 per tusuk. Angkringan ini berada di jalan Margo Utomo atau selatan Tugu Pal Putih Yogyakarta.

 

Penulis: Evi Nur Afiah

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.