Penjelasan BMKG soal Fenomena Suara Gemuruh di Bandung

Oleh Huyogo Simbolon pada 11 Feb 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 11 Feb 2021, 18:00 WIB
Cuaca Bandung
Perbesar
Ilustrasi langit di Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Masyarakat Kota Bandung, tepatnya di sekitar Jalan Setiabudi dan Jalan Cemara, Sukajadi mendengar suara gemuruh pada Kamis (11/2/2021). Suara tersebut seperti pesawat yang terbang rendah.

Suara gemuruh dilaporkan terjadi sekitar pukul 11.12 WIB dan terdengar kembali pada pukul 11.44 WIB.

Berdasarkan dari laporan masyarakat tersebut, BMKG Bandung menelusuri dengan peralatan yang mereka miliki. Berikut hasil pengecekan BMKG.

Melalui jaringan seismograph BMKG Bandung dari pukul 10.00-12.00 WIB tidak merekam adanya aktivitas gempa bumi di sekitar Kota Bandung, Lembang, dan sekitarnya.

Begitu juga melalui alat lightning detector BMKG Bandung dari pukul 10.00-12.00 WIB tidak mencatat adanya aktivitas petir di sekitar Jalan Cemara sampai radius 20-50 km.

"Cuaca saat masyarakat mendengar suara tersebut cukup cerah, tidak ada awan di sekitar lokasi," sebut keterangan BMKG Bandung.

Sedangkan, dari data kemagnetan, tidak menunjukkan adanya anomali atau gangguan kemagnetan di atmosfer.

Adapun konfirmasi dari LAPAN Bandung, belum ditemukan atau belum teridentifikasi adanya benda luar angkasa di sekitar lokasi kejadian.

"Penyebab dari suara tersebut masih belum dapat dipastikan. Namun, kemungkinan adanya suara tersebut disebabkan oleh aktivitas manusia," jelas keterangan BMKG.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓