Kisah Pilu 1 Keluarga Tertimbun Longsor di Kalijering Kebumen

Oleh Rudal Afgani Dirgantara pada 11 Feb 2021, 00:30 WIB
Diperbarui 11 Feb 2021, 00:30 WIB
Tim SAR gabungan menemukan korban kedua longsor Kalijering, Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Basarnas)
Perbesar
Tim SAR gabungan menemukan korban kedua longsor Kalijering, Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Basarnas)

Liputan6.com, Kebumen - Tim SAR gabungan kembali menemukan satu lagi yang tertimbun longsor di Desa Kalijering, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen, Rabu (10/2/2021).

Dengan tambahan temuan satu orang, maka korban yang masih dalam pencarian masih satu orang dari total tiga diduga tertimbun longsor.

Tiga korban jiwa ini merupakan satu keluarga yang tinggal serumah. Mereka yakni, Tarsinah (60) yang ditemukan pukul 06.30 WIB.

Kemudian, Doniatun (46), putri Tarsinah, ditemukan pukul 13.30 WIB. Sementara Jamirun (53), suami Doniatun, hingga kini masih dalam pencarian.

Jenazah Tarsinah dimakamkan sekitar pukul 10.00 WIB dipimpin langsung Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto.

Jenazah korban longsor dimakamkan pada sore harinya sekitar pukul 16.30 WIB. Pemakaman dipimpin Muspika Kecamatan Padureso.

 

2 dari 3 halaman

Tak Ikuti Tetangga yang Mengungsi

Tim SAR gabungan menemukan korban kedua longsor Kalijering, Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen)
Perbesar
Tim SAR gabungan menemukan korban kedua longsor Kalijering, Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen)

"Saat para tetangganya memilih mengungsi saat hujan lebat, para korban memilih tetap tinggal di rumah yang letaknya berdekatan dengan tebing," kata Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubag Humas Polres Iptu Sugiyanto.

Rumah mereka tersapu material longsor dari tebing setinggi 100 meter. Ketika itu, Selasa (9/2/2021), hujan lebat mengguyur Padureso.

Tim SAR gabungan terkendala hujan pada proses pencarian. Tim SAR yang memulai pencarian sejak dini hari harus berhenti pada pukul 16.30 WIB.

Pencarian akan dilanjutkan pada hari berikutnya, Kamis (11/2/2021). Polres Kebumen sendiri meminta bantuan Brimob Subden 4C Pelopor Kutoarjo untuk membantu pencarian korban bersama tim SAR gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten, TNI, dan Relawan.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓