Sukses

Bikin Heboh, Jenazah Pasien Covid-19 di NTT Hilang dalam Liang Lahat

Kejadian menghebohkan terjadi di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pasalnya, jenazah berinisial HUL dikabarkan hilang dalam liang lahat.

Liputan6.com, Sikka - Warga di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dibuat heboh dengan peristiwa hilangnya jenazah probable Covid-19 dari liang lahat.

Sebelumnya, pasien berinisial HUL mengembukan napas terakhir di RSUD Soe, Kabupaten TTS pada Senin (1/2/2021) pukul 14.00 Wita. Jenazah berstatus probable Covid-19 itu dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Oebaki.

Menurut Pemerintah Kabupaten TTS, jenazah yang dimakamkan dengan protokol kesehatan itu hilang dicuri orang tak dikenal. Almarhumah HUL sendiri merupakan ibu kandung salah seorang anggota DPRD NTT.

Mendengar info jenazah Covid-19 hilang dari liang lahat, Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun pun langsung menuju TPU untuk memastikan kebenaran kabar tersebut.

"Kita bongkar kubur untuk pastikan tapi kubur sudah kosong dan jenazah sudah dicuri orang tak bertanggung jawab," ujar Pieter, Selasa (9/2/2021).

"Petugas gali sedalam dua meter menggunakan alat berat ekskavator tetapi kosong. Jasad HUL sudah dicuri orang," dia menambahkan.

Selaku ketua gugus, ia meminta TNI dan Polri untuk menyelidiki keberadaan jenazah tersebut. Menurut dia, pencurian jenazah ini melanggar undang-undang protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

"Nanti polisi yang akan selidiki untuk memastikan keberadaan jenazah," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD, Jusuf Ale mengatakan, jenazah itu diambil keluarga pada Kamis (4/2/2021) dini hari.

"Setelah dapat informasi, tim Satgas BPBD turun untuk pastikan dan ternyata benar kuburan kosong dan langsung kita laporkan ke bupati," dia menandaskan.

Simak Juga Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.