Sukses

Siap-Siap Warga Bandung, Vaksinasi Covid-19 Tahap II Mulai Maret 2021, Siapa Sasarannya?

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung tengah menyiapkan pendataan sasaran bagi penerima vaksin Covid-19 tahap II.

Liputan6.com, Bandung - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung tengah menyiapkan pendataan sasaran bagi penerima vaksin Covid-19 tahap II yang direncanakan akan dimulai proses vaksinasinya pada minggu ke-3 Maret 2021 mendatang.

Adapun sasaran penerima vaksinasi Covid-19 tahap II yakni bagi para pelayan publik atau masyarakat yang memang bersentuhan langsung dengan khalayak publik, seperti TNI, Polri, dan instansi-instansi lainnya.

"Pendataan ini akan kita tutup pada hari Kamis tanggal 11 Februari 2021. Data itu akan kita kirimkan kepada Kemenkes untuk dilakukan evaluasi," kata Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanegara, Selasa (9/2/2021).

Mengingat sasaran vaksinasi tahap II ini berpotensi sangat besar, Ahyani mengimbau kepada para penanggung jawab di instansi atau lembaga yang sesuai dengan kategori tahap II mendata anggotanya.

"Kami memohon bantuan kepada seluruh instansi vertikal, TNI, Polri, dan instansi lain termasuk kepada sasaran vaksin tahap dua yakni pedagang pasar, ojek online, dan lainnya untuk segera melaporkan kepada kami sebelum batas waktu yang telah ditentukan," ujarnya.

Berdasarkan data per 8 Februari 2021, Kota Bandung telah melaksanakan vaksinasi hingga mencapai sekitar 91% atau total kurang lebih 27.600 orang. Mereka yang divaksin terdiri dari vaksinasi di fasilitas kesehatan dan vaksinasi massal sesuai dari target yang telah ditentukan.

Seperti diketahui, sasaran awal penerima vaksin tahap I di Kota Bandung menurut SISDMK adalah sebanyak kurang lebih 23.000 penerima dengan dosis yang diterima oleh Kota Bandung adalah sebanyak 25.000 per dosis.

Namun pada kenyataannya, setiap hari terjadi penambahan data penerima vaksin di SISDMK hingga menyentuh angka sekitar 30.000 penerima.

"Rekomendasi hasil konsultasi kami dengan Kementerian Kesehatan adalah untuk menyelesaikan vaksinasi sesuai dengan data awal karena vaksin yang diberikan kepada kami pun sesuai dengan jumlah sasaran awalnya," kata Ahyani.

Meskipun terjadi penambahan sasaran pada tahap I, Ahyani mengatakan optimis bahwa proses vaksinasi tahap I akan rampung sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan.

"Alhamdulillah hingga saat ini kami masih optimis bahwa progress tahap I ini masih sesuai dengan target yang diamanatkan yaitu hingga akhir Februari 2021. Meskipun nanti mendekati akhir Februari masih ada sasaran yang belum menerima vaksin karena faktor tidak lolos screening dan lain lain, akan kami kejar terus untuk menyelesaikan proses penyuntikannya," tutur Ahyani.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.