Sukses

Tim SAR Terus Evakuasi Korban Banjir Indramayu, Satu Meninggal Dunia

Tim SAR gabungan terus mengevakuasi korban banjir di Desa Karang Tumaritis, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Senin (8/2/2021).

Liputan6.com, Bandung - Tim SAR gabungan terus mengevakuasi korban banjir di Desa Karang Tumaritis, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Senin (8/2/2021). Salah satu korban yang dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, hingga pukul 16.00 WIB, tim berhasil mengevakuasi warga sebanyak 86 jiwa di Kecamatan Terisi, dan 140 Jiwa di Desa Karang Tumaritis.

"Kemudian pada pukul 15.05 WIB Tim SAR berhasil mengevakuasi satu korban dalam keadaan meninggal dunia di blok 9 bernama Karni yang memang dalam keadaan sakit," ujar Deden dalam keterangan tertulis.

Deden megatakan, sampai dengan pukul 16.00 WIB, total warga yang telah dievakuasi sebanyak 227 Jiwa dan saat ini tim masih melakukan evakuasi di daerah terdampak banjir.

Berdasarkan data pengungsi sementara, para penyintas banjir kini tinggal di Masjid Annur Kertanegara sebanyak 2.100 orang, SMK Muhammadiyah Haurgeulis (657), Masjid Al Furqon Haurgeulis (28), Masjid Al Istiqomah Mekarjati (600), SDN Gandamulya Haurgeulis (1.000 orang), dan SMK Al Irsyad Cipancuh (15).

"Cuaca di lokasi kejadian terpantau mendung dengan tinggi muka air (TMA) berkisar antara 10-250 cm," tutur Deden.

Adapun unsur gabungan di lokasi yaitu Basarnas Bandung, BPBD Indramayu, Satpolair Polres Indramayu, PMI Kabupaten Indramayu, dan Tagana Kabupaten Indramayu. Tim menggunakan alat utama dan perlengkapan SAR, di antaranya, 3 unit rescue car, 1 unit truck personel, 3 unit LCR, 3 unit mopel, 1 unit rafting, 2 set peralatan alkom, 2 set peralatan medis, dan APD personal.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.