Sukses

Berkah 'Jateng di Rumah Saja', Gunungkidul Banjir Wisatawan

Bukannya ada penurunan, justru terjadi peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kabupaten Gunungkidul seturut gerakan 'Jateng di Rumah Saja'

Liputan6.com, Gunungkidul - Kebijakan di rumah saja yang diberlakukan oleh Pemerintah Propinsi Jawa Tengah ternyata tak memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan yang ada di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Mereka justru mencatat ada lonjakan jumlah wisatawan akibat kehadiran dari destinasi wisata baru di wilayah kabupaten Gunungkidul

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan kebijakan di rumah selama dua hari dari Pemprov Jawa Tengah tidak berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan ke Gunungkidul. Karena kontribusi wisatawan asal Jawa Tengah ke wilayah ini memang cukup sedikit.

"selama ini kontribusi wisatawan Jawa Tengah ke Gunungkidul masih kecil. Survei kami asal wisatawan dari Jateng kisaran 25 persen," ucapnya Minggu (7/2/2021) saat dikonfirmasi ke nomor pribadinya.

Ia menyebut tidak ada penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di wilayah kabupaten Gunungkidul akibat kebijakan yang diberlakukan oleh Pemprov Jawa Tengah tersebut. Tingkat kunjungan wisatawan pada hari Sabtu (6/2/2021) kemarin hampir sama dengan hari Sabtu (30/1/2021) pekan sebelumnya.

"Ngga ada, hampir sama dengan kondisi sabtu minggu lalu," ucap dia.

Bukannya ada penurunan justru pihaknya mencatat terjadi peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah kabupaten Gunungkidul. Salah satu faktor yang menonjol adalah kehadiran sebuah destinasi wisata baru yang ada di sisi Barat Pantai Gunung Kidul.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisatawan dalam Angka

Dalam catatan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, jumlah wisatawan pada Sabtu pekan lalu (30/1/2021) ada sebanyak 3.262 wisatawan. Sementara Sabtu (6/2/2021) ada sebanyak 3.618 wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul.

"Kita justru mencatat ada kenaikan wisatawan jika dibanding pekan sebelumnya. Destinasi baru di kawasan Pantai Gesing menjadi penolong kita," kata dia.

Harry menyebut ada peningkatan wisatawan pada Sabtu (6/2/2021) kemarin. Karena terjadi lonjakan pengunjung yang masuk melalui pos retribusi kawasan pantai Gesing. Di kawasan Pantai Gesing memang ada destinasi wisata baru yang baru saja dibuka oleh investor.

Dinas pariwisata mencatat ada peningkatan jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke HeHa Ocean View. Di mana jumlah wisatawan yang melalui Pos Restribusi Pantai Gesing sebanyak 1.300 orang. Padahal pada Sabtu (30/1/2021) lalu kunjungan yang melalui pos ini hanya sebanyak 125 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.