Sukses

Kisah Satgas Covid-19 Sikka Bertaruh Nyawa Saat Distribusikan Vaksin Covid-19

Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT),harus mempertaruhkan nyawa dan melewati gelombang laut di wilayah kepulauan Flores yang cukup tinggi, saat mengantarkan vaksin Covid-19

Liputan6.com, Sikka - Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), harus mempertaruhkan nyawa dan melewati gelombang laut di wilayah kepulauan Flores yang cukup tinggi, saat mengantarkan vaksin Covid-19 di pulau-pulau terluar wilayah Kabupaten Sikka, Kamis (4/1/2021).

Pada pagi hari sekitar pukul 07.00 Wita, Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka dan anggota TNI-POLRI berangkat dari Pelabuhan Laut Lorens Say menuju ke Pulau Pemana menggunakan speed boat Lanal Maumere.

Pulau Pemana merupakan wilayah kepulauan yang berada diwilayah kabupaten Sikka, NTT, yang bisa ditempuh dalam waktu 3 jam bila menggunakan kapal motor penumpang. Namun bila menggunakan speed boat jarak tempuh bisa dipercepat hanya satu jam.

Dalam perjalanan, perairan laut utara Flores bergolak dengan tinggi gelombang mencapai satu meter. Speed boat milik Lanal Maumere harus dihantam gelombang laut. Namun, para tenaga medis dari satuan gugus tugas covid-19 Sikka dan TNI-POLRI yang mengawal pendistribusian vaksin Covid-19 itu tetap bertahan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tinggi gelombang laut perairan utara Flores sekitar 1,25-2,5 meter. Tentunya gelombang laut ini berdampak buruk bagi vaksin Covid-19 dan Satgas Covid-19 Sikka yang ada di dalam speed boat tersebut.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendistribusian Vaksin Covid-19 ke Wilayah Terjauh

Namun vaksin itu sudah diatur dengan baik hingga terlindungi dari air laut yang masuk. Vaksin tersebut sampai di Pulau Pemana yang nantinya akan didistribusikan ke Puskesmas Teluk Maumere untuk vaksinasi para tenaga medis yang bertugas di daerah pulau ini.

Dengan menempuh perjalanan sekitar satu jam, akhirnya vaksin sinovac buatan perusahan Tiongkok tiba di tempat tujuan, Pulau Pemana.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus kepada Liputan6.com, kamis (4/2/2021) mengatakan Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka melakukan pendistribusian vaksin ke pulau yang dikawal langsung oleh TNI-Polri.

"Tadi pagi mereka berangkat antar vaksin gunakan speednya milik TNI Angkatan Laut Maumere. Vaksin itu diantar di Pulau Pemana. Yang nantinya, disimpan di Puskesmas Teluk Maumere," sebutnya.

Ia juga mengaku, pendistribusian vaksin itu ke setiap Puskesmas yang terjauh sejak Rabu (3/2/2021). Pendistribusian vaksin itu langsung dikawal oleh Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo bersama forkopimda lainnya.

"Kita masih dalam pendistribusian vaksin ke 19 puskesmas yang ada di Kabupaten Sikka," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.