Sukses

Operasi Katarak dengan BPJS Kesehatan di Siloam Labuan Bajo

Program pelayanan operasi katarak melalui teknik phaco ini ditanggung melalui layanan BPJS Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kini pasien mata katarak di seputar Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) tak harus jauh-jauh pergi ke luar wilayah NTT guna melakukan operasi. Ini seiring kehadiran mesin phacoemulsification Centurion Vision System dan dokter spesialis mata yang memiliki kompetensi International di Siloam Hospitals Labuan Bajo. Operasi katarak menggunakan mesin ini hanya memakan waktu 10-15 menit.

"Berangkat dari visi dan misi Siloam untuk memberi pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan dan bagian masyarakat di Indonesia, kami melihat di daratan Flores ini dokter spesialis mata belum banyak. Dan juga fasilitas kesehatan yang dapat melayani melalui metode phaco belum ada di daratan Flores ini," kata dr. Hermas Irawan, M.M , direktur Siloam Hospitals Labuan Bajo, Kamis (02/02/2021) di Labuan Bajo, NTT.

Dia mengatakan layanan operasi phaco ini sangat berguna sekali untuk masyarakat, karena operasi ini singkat dan dengan minimal luka operasi. Sehingga pasien tidak perlu lama pemulihan dan dapat langsung beraktifitas.

Selain efektif dan cepat, Hermas Irawan turut menambahkan akan fasilitas dan tenaga medis yang telah siap guna melakukan operasi melalui teknik phaco ini. Adapun program pelayanan operasi katarak melalui teknik phaco ini ditanggung melalui layanan BPJS Kesehatan. Sehingga seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan operasi tersebut dapat menggunakan program BPJS Kesehatan sebagai penanggungnya.

"Dokter spesialis mata di Siloam Hospitals Labuan Bajo telah bersertifikat guna melakukan kegiatan operasi katarak melalui teknik phaco ini. Alat yang digunakan pun sangat menunjang dan masyarakat yang membutuhkan operasi dapat menggunakan BPJS Kesehatan sebagai penanggungnya", pungkas Hermas menjelaskan.

Sebagai catatan dalam penggunaan BPJS Kesehatan di Siloam Hospitals Labuan Bajo, terdata sejumlah 70-80 persen pasien yang menggunakan layanan BPJS Kesehatan. Sesuai regulasi BPJS dalam hal penganggunannya, layanan diberikan kepada pasien tanpa ada pengecualian.

Indonesia sampai saat ini masih menjadi negara dengan penderita katarak tertinggi di Asia Tenggara, yaitu sebesar 1,5 persen per dua juta penduduk. Setiap tahun 240.000 orang terancam mengalami kebutaan karena katarak. Sementara itu di Nusa Tenggara Timur, mengacu pada data Dinas Kesehatan NTT, sepanjang tahun 2018 - 2019, total telah dilakukan 236 operasi katarak secara gratis kepada para lansia

Katarak adalah suatu penyakit ketika lensa mata menjadi keruh dan berawan. Pada umumnya, katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Namun, lama-kelamaan, katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat pengidap merasa seperti melihat jendela berkabut, sulit menyetir, membaca, serta melakukan aktivitas sehari-hari.

Penyakit katarak merupakan penyebab kebutaan utama di dunia yang dapat diobati. Penyebab katarak, selain karena faktor usia, katarak disebabkan pula oleh faktor infeksi, trauma, diabetes. Termasuk faktor paparan sinar matahari yang memiliki intensitas tinggi dan periodik terkena lensa mata serta faktor kebiasaan merokok.

Saksikan Video Pilihan Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.