Sukses

Cilacap Nol Kasus Baru Covid-19 pada Awal Februari, PPKM Diklaim Sukses

Pemkab Cilacap bersama unsur TNI-Polri melaksanakan operasi masker dan sosialisasi penegakan Perda Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit di Kabupaten Cilacap

Liputan6.com, Cilacap - Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengklaim penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) efektif menurunkan angka penularan Covid-19. Bahkan, pada 1 Febuari 2021, tak ada penambahan kasus baru alias nol kasus baru Covid-19.

“Hari kemarin (1/2) kita zero yang positif, maksudnya itu tidak ada penambahan. Berarti kan efektif. Terus kedua, sejak ada PPKM ini kenaikannya tidak signifikan, kita menurun. Tidak tahu kabupaten lain tetapi Cilacap PPKM sukses,” ujarnya.

Bupati mengatakan itu saat sosialisasi pencegahan Covid-19 dan razia atau operasi protokol kesehatan untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji beserta jajaran Forkopimda. Operasi masker dan sosialiasi perda tersebut dilakukan agar upaya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dapat berjalan lebih efektif.

Tatto mengatakan, dalam upaya penertiban protokol kesehatan bagi pengguna jalan, Pemkab Cilacap bersama unsur TNI-Polri melaksanakan operasi masker dan sosialisasi penegakan Perda Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit di Kabupaten Cilacap. Kegiatan dilaksanakan pada di ruas jalan Rinjani kota Cilacap, Selasa (2/2/2021).

“Hari ini adalah penegakan yustisi, untuk mensukseskan PPKM sampai tanggal 7 (Februari) besok. Cilacap untuk mencapai ke zero, bebas dari Covid-19. Ini akan serentak (pelaksanaannya) di seluruh kecamatan di Kabupaten Cilacap untuk menegakkan Perda No. 5 bahwa PPKM harus sukses,“ kata Bupati, dikutip dari laman resmi Humas Pemkab Cilacap.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jateng di Rumah Saja

Selain itu, pengintensifan razia masker juga dilakukan untuk mendukung gerakan yang dianjurkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam gerakan serentak di Jawa Tengah dengan sebutan ‘Jateng di Rumah Saja’. Dalam gerakan tersebut dianjurkan agar masyarakat Jawa Tengah dapat menghabiskan 2 hari akhir pekan di rumah saja.

Bupati mengatakan kegiatan operasi masker dan penegakan Perda ini akan dilakukan terus menerus untuk dapat mensukseskan upaya PPKM di Kabupaten Cilacap.

“Saya mohon dan minta, perintah dari Pak Gubernur agar besok tanggal 6 sampai 7 (Februari) agar dirumah saja (untuk dilaksanakan). Ini penting. Bukan hanya hari ini kita ada operasi. Tapi (operasi) ini harus dilakukan tiap hari. Kalo nanti ini masih kurang efektif, akan ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Bupati juga mengatakan bahwa kegiatan PPKM yang dilakukan di Kabupaten Cilacap dinilai efektif karena terjadi penurunan dalam angka penderita Covid-19.

“Hari kemarin (1/2) kita zero yang positif, maksudnya itu tidak ada penambahan. Berarti kan efektif. Terus kedua, sejak ada PPKM ini kenaikannya tidak signifikan, kita menurun. Tidak tahu kabupaten lain tetapi Cilacap PPKM sukses,” ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.